Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Tips Bersepeda bagi Goweser Pemula agar Maksimal Manfaatnya

 

5 Tips Bersepeda bagi Goweser Pemula agar Maksimal Manfaatnya

KontenWriter.com - Jika kamu baru saja memulai aktifitas bersepeda, yuk simak 5 tips yang akan kami bahas bagi goweser pemula ini. Tentunya agar optimal manfaat yang dapat kamu ambil.

Bersepeda dapat menjadi pilihan olahraga bagi kamu yang suka menikmati udara segar dan melihat suasana lingkungan sekitar. Kegiatan bersepeda tentu memiliki banyak manfaat, baik untuk jantung dan juga meningkatkan kebugaran tubuh.

Dibanding dengan orang yang tidak bersepeda, sebuah studi mengatakan orang yang bersepeda dapat mencegah atau mengurangi risiko dirinya terkena penyakit kronis seperti jantung, stroke dan diabetes tipe 2. Bahkan jika kamu melakukannya rutin 30 menit setiap harinya ditambah pembatasan kalori seperti kamu mengikuti kelas aerobik tiga kali seminggu.

5 Tips Bersepeda bagi Goweser Pemula agar Maksimal Manfaatnya


1. Perhatikan Irama Kayuhan


Idealnya kayuhan goweser berkisar 60-80rpm (rpm berarti putaran per menit). Jika berat untuk yang baru memulai bersepeda tingkatkan secara perlahan. Atlet balap sepeda dapat mengayuh sepedanya di kisaran 80-100rpm.

Jika pedalmu berjenis clipless pedal cobalah mendorong dan menarik dengan bergantian kaki kiri dan kanan secara perlahan. Dengan demikian lebih banyak otot yang terlatih.

2. Posisi Tubuh

Variasikan posisi tubuh dan tanganmu sesekali, agar tekanan dan titik berat tidak terkosentrasi pada area tertentu. Ubah sudut lengan, punggung dan leher. Jangan Kaku, santai saja. Hindari berpegangan terlalu lama di bagian lengkung sepeda karena dapat menyebabkan kram pada tangan bahu dan leher.

3. Untuk Menurunkan Berat Badan

Sebuah studi kesehatan menunjukkan bersepeda 2-3 jam per minggu dapat mencegah kenaikan berat badan. Jika kamu termasuk golongn gemuk, bersepeda 30 menit perhari dapat membantu berat badanmu. Tentu jangan menambah porsi makanmu ya.

Kamu busa memulainya dengan medan datar untuk minggu-minggu awal. Selanjutnya naikkan level kesulitannya seperti melewati jalur desa yang berlubang maupun tanjakan ringan. Untuk lebih memotivasimu, gowes bersama teman akan lebih menyenangkan.

4. Mengolah Otot

Ketika kamu menemui tanjakan, mungkin kamu akan mengayuh sepedamu dengan susah payah. Sehingga asam laktat hasil metabolisme akan menumpuk yang berkontribusi munculnya nyeri otot.

Sebagai pencegahan nyeri tetaplah kayuh sepedamu saat jalan menurun (walaupun sepeda akan tetap melaju tanpa dikayuh). Karena itu akan membantu mengurangi asam laktat dengan cara mengayuh ringan secara terus-menerus saat turunan.

5. Pastikan Sepedamu Pass Untukmu

Pastikan ukuran frame atau rangka sepeda cocok untukmu. Bagaimana caranya? Kita lihat top tube-nya. Top tube adalah penghubung kerangka sepeda bagian atas yang menghubungkan area stang dan jok sepeda.

Berdirilah diatas top tube sepedamu. Untuk sepeda pada umumnya harus ada jarak 2,5 – 5cm antara pangkal paha dan top tube. Sedangkan untuk sepeda MTB/ sepeda gunung antara pangkal paha dan top tube kira-kira harus berjarak 5cm. Namun jika kamu ke toko sepeda sudah ada ukuran tertentu sepeda yang disesuaikan dengan tinggi badan calon rider. Menggunakan ukuran S, M, L atau XL.

Apapun jenis sepedanya jika ukuran frame tidak sesuai dengan tubuhmu. Akan menimbulkan nyeri otot, tidak nyaman, bahkan rawan terjatuh.

Penutup Tips Bersepeda bagi Goweser Pemula

Nah, sekian dulu 5 tips bersepeda dari kontenwriter.com untuk goweser pemula, agar dapat mengoptimalkan manfaat dari oleh raga bersepeda. Jangan lupa untuk melakukan gowes rutin dua kali seminggu dan tempuh jarak lebih jauh pada akhir pekannya. Rasakan manfaat setelah rutin bersepeda, tubuh menjadi lebih bugar dan jantung lebih sehat. Tentu dengan melakukan 5 tips diatas ya.