Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Frame Sepeda Carbon dan Segala Mitosnya. Terus, Bagaiman Faktanya?

Frame Sepeda Carbon dan Segala Mitosnya. Terus, Bagaiman Faktanya?

KontenWriter.com – Apakah kamu punya sepeda dengan jenis frame carbon? Akan Kita ulas frame sepeda carbon dan segala mitosnya. terus, bagaiman fakta yang sebenarnya.

Perlu merogoh kosek yang dalam untuk kamu memiliki sepeda dengan material frame carbon. Tentu kebanyakan berada di level harga lebih dari 10 juta rupiah. Ada pula yang mencapai puluhan bahkan ratusan juta.

Pernah kita bahas pada artikel sepeda termahal polygon, ada yang harga framenya saja mencapai 53 juta rupiah. Frame tok itu, belum suspensi, roda, dll. Murah banget dah. hehehe

Keunggulan yang banyak diketahui orang dari frame bermaterial carbon adalah bobotnya yang ringan. Sebagai contoh kita lihat Sepeda road bike Polygon Helios yang menggunakan frame carbon memiliki bobot sekitar 6 kg, disisi lain Polygon Stratos dengan frame alumuniumnya memiliki bobot sekitar 10 kg.

Cukup jauh selisih bobot dengan material carbon dibanding aluminium. Namun muncul berbagai pertanyaan tentang frame carbon. Salah satunya apakah dengan bobot yang ringan frame carbon lebih ringkih? Percuma donk mahal-mahal tapi ringkih.

Jika kamu lihat, semua yang berbahan carbon umumnya berharga mahal. Mobil dengan body carbon, motor, helm, raket bulutangkis, mahal kan? Hehehe. Untuk menjawab rasa penasaran kamu semuanya tentang frame carbon. Akan kami ulas beberapa mitosnya.

Frame Sepeda Carbon dan Segala Mitosnya. Terus, Bagaiman Faktanya?

Mitos Pertama, Memerlukan perawatan ekstra

Kaya model aja ya, butuh perawatan ekstra. Faktanya, frame berbahan aluminium dan besi sekalipun memerlukan perawatan rutin. Selalu dijaga kebersihanya, dicuci - dipoles biar kinclong.

Jangan disimpan di tempat yang ekstrim. Di tempat yang terlalu lembab, jangan pula diletakkan dibawah terik matahari.

Mitos Kedua, Frame carbon tidak dapat diperbaiki

Wah serem banget ya, patah selesai sudah, Hehehe. Faktanya material karbon juga dapat diperbaiki, namun berbeda dengan aluminium dan besi yang cukup dilas. Tentu perlu kemampuan, pengetahuan, dan teknik khusus.

Pembuatan frame carbon menggunakan lembaran carbon dan resin, dalam perbaikan frame memungkinkan penambalan bagian yang rusak. Jadi ingat ya, serahkan kepada pihak yang berpengalaman. Jangan asal pilih, perbaikan yang kurang tepat akan memperburuk keadaan.

Mitos Ketiga, Carbon memiliki umur/masa pakai

Memang bisa dikatakan demikian, namun material lain juga sama. Alumunium, titanium, besi pun memiliki estimasi pemakaian. Rata-rata material carbon memiliki masa pakai 5-7 tahun, begitu pula aluminium.

Apakah setelah 5-7 tahun, frame ini tidak dapat digunakan lagi? Tentu masih bisa donk. Maksudnya setelah masa itu, dimungkinkan kekuatan framenya secara berangsur sedikit demi sedikit menurun. Banyak kan toko yang member garansi 5 tahun? Mengikuti umur frame.

Mitos Keempat, Frame carbon lebih ringan

Ini tidak terlalu mitos sih. Ketika produsen memutuskan memakai material carbon tujuannya ya tentu agar ringan. Namun berbeda dengan carbon dengan kualitas rendah, sehingga membutuhkan banyak sekali lapisan ditambah resin sehingga membuat bobot lebihberat. Sedangkan ada material aluminium kualitas tinggi yang jika dibandingkan carbon kualitas rendah tadi bisa lebih ringan.

Namun saat pabrikan menggunakan material carbon yang bagus, dengan pengerjaan professional, tentu terwujudlah frame yang ringan dengan kualitas tinggi.

Frame Sepeda Carbon dan Segala Mitosnya. Terus, Bagaiman Faktanya?

Mitos Kelima, Frame carbon paling ringkih

Nah, ini nih mitos yang paling banyak ditemui di kalangan pesepeda. Apakah kamu pernah melihat acara sepeda downhill? Dengan medan berbatu terjal, melompat dari ketinggian bukit, dll. Nah kebanyakan sepeda memakai material carbon loh. Masa, ringkih? Hehehe

Dalam pembuatan frame carbon dengan kualitas bahan dan metode yang baik, akan menghasilkan frame yang lebih ringan dan daya tahan lebih kuat dibandingkan material lain.

Penutup Fakta dan Mitos Frame Sepeda dengan Material Carbon


Bagi kamu yang tadinya ragu dengan frame bermaterial carbon, setelah membaca ulasan dari Kontenwriter.com jadi mantab ya? Eh, mau beli gak nih? Siapkan tabunganmu.

Tentu sepeda dengan frame carbon berkualitas dibandrol dengan harga yang cukup tinggi. Kalau tabungan belum cukup ya cari yang aluminium saja.