Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hal yang Perlu Kamu Perhatikan saat Memasang Rak Sepeda di Mobil

Hal yang Perlu Kamu Perhatikan saat Memasang Rak Sepeda di Mobil

KontenWriter.com – Hal penting apa saja yang perlu kamu perhatikan jika ingin memasang rak sepeda di mobil. Simak artikel ini agar tetap aman membawa sepeda kesayanganmu.

Bersepeda menjadi olah raga yang masih popular sampai hari ini. Sungguh menyenangkan menikmati pemandangan sembari menjaga kesehatan dengan bersepeda. Apa kamu salah satu orang yang gemar bersepeda atau yang sering disebut dengan goweser?

Sudah bersepeda kemana saja nih? Tentu bagi komunitas gowes sering melakukan kegiatan bersepeda dari tempat satu ke tempat yang lain. Berangkat ke tempat tujuan dengan cara mengangkut sepeda member menggunakan mobil bak terbuka, dan semacamnya. Bahkan menggunakan mobil pribadi.

Bersepeda hanya di sekitaran rumah, lama-kelamaan akan timbul rasa bosan. Nah tak jarang para goweser bergabung dengan komunitas sepeda. Atau ada juga yang memasang rak sepeda di mobil pribadinya untuk mengangkut sepeda menuju suatu tempat bersama keluarga.

Hal yang Perlu Kamu Perhatikan saat Memasang Rak Sepeda di Mobil


1. Jangan sampai merusak bodi

Aksesoris rak sepeda ini banyak dijual dipasaran. Yang perlu kamu perhatikan saat membelinya adalah segi ukuran, sesuaikan dengan mobilmu. Jangan sampai rak ini merusak bodi mobil kesayanganmu yang sudah kamu rawat setiap hari, bagai kekasihmu. Hehehe

Jika memasang rak sepeda diatas mobil, jangan sampai berat diatas atap melebihi 75 kg. Hal terpenting adalah segi keamanan, jangan sampai lepas atau patah. Seperti ikatan cintamu yang erat dan tak patah diterpa masalah. Hihihi

Hal yang Perlu Kamu Perhatikan saat Memasang Rak Sepeda di Mobil

2. Aerodinamika

Hal kedua yang perlu kamu perhatikan adalah aerodinamika. Penting gag sih? Penggemar balap seperti motoGP pasti paham. Sampai-sampai para mekanik memasang winglet hanya untuk meningkatkan performa motor, karena begitu pentingnya aerodinamika.

Memasang rak sepeda diatas mobil pasti mempengaruhi atau mengurangi aerodinamika mobil, apalagi ditambah sepedanya saat sudah terpasang. Hal ini menyebabkan bentuk mobil jadi lebih tinggi.

Angin yang seharusnya mengalir dari depan akan tertahan dibagian atas. Sehingga laju mobil akan terasa lebih berat. Untuk mobil berjenis SUV dan MPV tidak disarankan memasang rak sepeda di bagian atas mobil, karena menyebabkan bentuk mobil lebih tinggi lagi, tentu akan lebih berbahaya.

3. Jangan Menutupi Lampu Belakang

Pilihan area pemasangan rak sepeda untuk mobil jenis SUV dan MPV adalah di bagian belakang mobil. Ketika kamu memutuskan untuk memasangnya di belakang mobil pikirkan dengan baik posisinya. Jangan sampai menutupi lampu rem dan lampu sign belakang.

Jangan sampai niat baik untuk membawa sepeda dan berolahraga di suatu tempat malah menjadi petaka, karena sepeda menutupi lampu belakang mobilmu. Sehingga kendaraan di belakang tidak mengetahui arah tujuanmu mau berbelok kemana. 

4. Serahkan Pada Ahlinya

Tips pamungkas untuk kasus ini jika kamu tidak yakin adalah serahkan pada ahli yang sudah sangat berpengalaman di bidang ini. Tentu harus mengeluarkan budget lebih untuk jasanya, tapi keamanan dan keselamatan pasti lebih utama.

Saat membeli rak sepeda di toko aksesoris terpercaya pasti ada mekanik yang berpengalaman ditoko itu. Kamu bisa sekalian minta untuk dipasangkan ke mobil kesayanganmu. Tunggu proses pemasanganya dengan bersantai minum kopi sambil merencanakan, akan gowes kemana setelah ini.

Kesimpulan memasang rak sepeda di mobil

Sudah Kontenwriter.com ulas tentang hal-hal apa saja yang perlu kamu perhatikan jika ingin memasang rak sepeda di mobil kesayangan. Semoga bermanfaat dan dan selamat gowes di tempat yang kamu sukai. Semoga harimu menyenangkan.