Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Haruskah Berhenti Gowes Saat Musim Hujan? Simak Tips dari Kami

Haruskah Berhenti Gowes Saat Musim Hujan? Simak Tips dari Kami

KontenWriter.com - Saat musim hujan tiba, haruskah kita menghentikan aktivitas gowes (bersepeda) kita? Simak tips dari kami agar kamu aman bersepeda saat musim hujan.

Hi sobat gowes, ketika musim hujan tiba kira-kira masih rutin gak nih sepedaannya? Apa sepeda kesayanganmu dikandangin dulu? Hehehe. Mungkin banyak dari kamu yang memilih untuk libur gowes sampai musim berganti. Mungkin juga ada yang sesekali bersepeda, atau gaass terusss.

Nah, bagi yang semangat gowesnya tinggi dan siap menerjang hujan persiapan harus lengkap ya. Jangan asal terjang tanpa persiapan sehingga tujuan gowes tidak tercapai. Kembali ke pertanyaan awal nih.

Haruskah Berhenti Gowes Saat Musim Hujan? Simak Tips dari Kami

Haruskah Berhenti Gowes Saat Musim Hujan? Simak Tips dari Kami ini 

Fender atau Spakbor

Fender atau spakbor ini dimaksudkan untuk mengurangi cipratan-cipratan air saat melewati genangan air. Apalagi saat musim hujan nih, penting banget kan. Pake depan belakang ya, agar optimal perlindungannya.

Spakbor depan berfungsi mengurangi atau mencegah cipratan air ke muka, sehingga tidak menghalangi pandangan. Sedangkan spakbor belakang menjaga agar air tidak menciprat ke area punggung. Apa lagi air yang dilewati keruh bercampur dengan tanah, bisa kotor sekucur tubuh.

Selain dari segi fungsi, secara tampilan membuat ganteng sepedamu juga loh. 

Jas Hujan

Nah penting juga bagimu membawa jas hujan saat musim penghujan tiba. Agar ketika turun hujan saat gowes, pakaianmu terlindung tetap kering dan kamu tidak kedinginan. Opsi lain kamu juga bisa memakai rompi sepeda yang anti air, paling tidak badanmu tidak basah. 

Banyak macam jas hujan, kami sarankan jangan yang ponco kelelawar. Akan merepotkan saat dipakai gowes. Lebih baik yang tipe baju dan celana. Kalau dirasa memakan tempat dalam membawa, bisa juga kamu membeli jas hujan plastic. Banyak toko-toko pinggir jalan yang menjualnya, hargapun murah antara 6 – 16 ribu… hehehe

Kaca mata dan cycling cap

Nah saat no. 1 tidak terpasang dan no. 2 tidak terbawa, no.3 ini wajib dipakai baik hujan atau tidak hujan. Kenapa wajib? Karena terjaganya penglihatan ke jalan, adalah hal yang utama bagi goweser semua. Harus jelas apa yang ada didepanmu saat hujan. Jangan sampai terperosok ke selokan karena tidak jelas batas jalannya, atau terjatuh karena tidak melihat adanya lubang.

Kedua perlengkapan ini punya fungsi yang saling melengkapi. Kaca mata untuk menghalangi air yang menerjang mata dari arah depan, sedangkan cycling cap melindungi mata dari air yang jatuh dari atas. Mata terlindungi dari air secara sempurna, sehingga tidak pedas dan penglihatan pun jelas terjaga.

Lampu sepeda anti air

Ternyata lampu tidak hanya untuk para goweser malam. Namun juga penting saat musim hujan. Karena saat hujan penglihatan pengguna jalan akan berkurang. Lampu depan belakang sangat penting sebagai tanda untuk orang sekitar.

Disarankan untuk menggunakan lampu berkedip di depan dan belakang sepeda kita, untuk tanda keberadaan kita bagi pengguna jalan yang lain. Ingat, yang anti air. 

Bag cover

Bag cover atau penutup tas yang diraancang khusus. Berfungsi untuk melindungi tas gowesmu dari air hujan. Cara simpel lain kamu dapat memanfaatkan plastik. Caranya, masukkan barang berhargamu seperti HP dan dompet ke plastik, baru kemudian ke dalam tas. Nah, walaupun tas basah kehujanan barang tetap aman.

Turunkan tekanan ban

Kondisi hujan membuat jalan menjadi licin sehingga memperbesar kemungkinan tergelincir. Dengan merendahkan tekanan ban, akan memperlebar area ban yang menapak ke aspal. Apalagi Road bike dengan ban yang tipis, tips ini penting banget untuk keamanan.

Penutup Tips Gowes saat Musim Hujan

Sudah jelas kan tips yang Kontenwriter.com ulas jika kamu ingin gowes saat musim hujan. Lanjutkan aktivitas gowesmu dengan persiapan yang lengkap, untuk keselamatanmu juga keselamatan pengguna jalan lain. Semoga tips dari kami bermanfaat.