Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kencang, Kuat Nanjak, Sedikit Perjuangan! E-Bike!

Kencang, Kuat Nanjak, Sedikit Perjuangan! E-Bike!

KontenWriter.com – Apa bisa, dengan sedikit perjuangan mengayuh sepeda, bisa kencang dan kuat ditanjakan terjal? Yuk kenalan dengan E-bike.

Halo sobat gowes, kalo kamu golongan goweser santuy tapi tidak ingin ketinggalan saat gowes bareng, simak bahasan kita kali ini. Sekaligus kami akan merekomendasikan beberapa sepeda yang bisa kamu pertimbangkan.

Populasi goweser beberapa bulan ini bertambah pesat dan tidak mengenal usia. Berbagai jenis sepeda pun sangat laris dipasaran. Dari sepeda balap, sepeda gunung, sepeda lipat, dan lainnya. Semua bisa memilih sepeda sesuai selera dan karakteristiknya.

Nah dari sekian banyak macam sepeda Kontenwriter.com akan membuat ulasan tentang sepeda yang mungkin cocok untukmu, yaitu E-bike. Sepeda ini dirancang kusus untuk memperingan kegiatan pedaling (mengayuh sepeda) kamu. Jadi kamu tidak akan ketinggalan lagi nih saat gowes bersama.

Kencang, Kuat Nanjak, Sedikit Perjuangan! Sepeda itu adalah E-Bike


E-bike atau yang dikenal masyarakat dengan sepeda listrik termasuk sepeda yang laris dipasaran. Banyak macamnya, dari yang murah hingga level sultan. Sepeda ini ada yang berharga dibawah 10 juta, ada pula yang belasan juta, puluhan juta, bahkan ratusan juta loh.

Entiat-E
Entiat-E (Photo by: www.polygonbikes.com)


Keunggulan E-bike

Kenapa sepeda ini dikatakan dengan sedikit tenaga, bisa kencang dan kuat nanjak? Karena E-bike mengkolaborasikan kekuatan kakimu dan energi listrik yang disuplai oleh batrai. Karena dibantu oleh motor/mesin diarea pedal (ada pula yang motornya diarea hub roda), kayuhanmu akan terasa lebih ringan.

Ada bebrapa cara kerja E-bike, ada yang tetap harus dikayuh (hanya memperingan kayuhan). Ada pula yang menggunakan sistem throttle layaknya sepeda motor. Dikayuh oke, ketika malas atau capek tinggal gasss,,, sepedapun melaju.

Keunggulan lainnya, karena kita tidak harus “ngoyo” atau memaksakan diri saat menggenjot sepeda kita. Tentunya kemungkinan cidera sendi atau otot pun berkurang. Bahkan sepeda ini disarankan untuk para manula yang ingin ikut gowes.

Jangan lupa di-Charge ya, namanya sepeda listrik ya harus di periksa selalu baterainya. Jangan sampai kehabisan batrai saat gowes bareng temanmu. Apa lagi saat nanjak, karena dengan adanya batrai yang besar disepeda tentu menambah bobot sepeda. Nah kalau batrainya abis, nuntun deh… hehehe

Yang Perlu Diperhatikan dari E-Bike

Seperti contoh yang dibahas diatas perhatikan baterai, selalu cek sebelum melakukan aktivitas bersepeda. Bisa juga kamu membeli batrai cadangan sehingga mempunyai dua buah baterai, yang bisa digunakan bergantian. Yang satu dipakai, yang satu dicas.

Pada umumnya baterai pada E-bike siap diajak basah, atau tidak masalah saat hujan dan kena cipratan air. Tapi kamu juga perlu cek pada sambungan atau tempat memasang baterai di sepedamu, harus terpasang dengan benar, rapat. Jangan ada celah yang memberi kesempatan air untuk masuk.

Terus apa rekomendasi E-bike

Kalau kamu suka model MTB yang bisa diajak untuk trabas offroad brand lokal, polygon memiliki Enthiat-E, united bike memiliki E-Clovis, Pasific mempunyai Avenger E. Tentu banyak juga Brand lain yang mengeluarkan jenis E-bike dari seri MTB sampai sepeda lipat. Bahkan Xiaomi yang terkenal dengan produk smartphonenya juga punya E-bike, contoh: Xiaomi Himo C-20.

Penutup Pembahasan E-Bike

Banyak sekali yang bisa kita bahas tentang E-bike. Namun Kontenwriter.com cukupkan ulasan ini sampai disini. Kalau ada masukan lain atau pengalamanmu dengan E-bike bisa berbagi di kolom kementar ya. Beri kritik dan saran yang membangun, untuk situs ini lebih berkembang.

Kamu tertarik dengan E-Bike? Cek tabungan, cukup, cus otw toko sepeda terdekat (atau online). Selamat beraktivitas dan sehat selalu.