Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

MTB Murah lebih kencang dari pada MTB Mahal?!

MTB Murah lebih kencang dari pada MTB Mahal?!

KontenWriter.com – penasaran kan, kok dikatakan MTB atau sepeda gunung yang harganya murah bisa lebih kencang dari pada MTB dengan harga mahal. Eits jangan protes dulu.

Pada umumnya suatu dengan harga mahal lebih baik dibandingkan dengan barang murah. Termasuk halnya sepeda, tentu sepeda dengan harga mahal lebih baik kualitas dan performanya dibanding dengan sepeda murah. Hal itu tidak dapat dibantah.

Loh kalo memang lebih baik mengapa judulnya seperti itu. Yups, kita membahas MTB atau sepeda gunung. Sepeda gunung dengan harga mahal tentu terlihat lebih kokoh, frame lebih ringan dan tampilan lebih gagah. Serta suspensi depan dan belakang yang mampu/tahan meredam guncangan yang ekstrim.

Jika dibandingkan, frame sepeda gunung murah biasanya terbuat dari aluminium alloy, tentu lebih berat dari sepeda gunung mahal yang biasanya menggunakan frame carbon. Lalu suspensi MTB murah kebanyakan hanya suspensi depan.

Loh loh loh, dari tadi kok lebih baik sepeda mahal terus mana pembahasannya? Tenang tenang, sebelumnya kita batasi dulu kisaran harganya. Bagaimana kalau dikatakan mahal jika MTB itu berharga diatas 20 juta, dan dikatakan murah jika MTB harganya dikisaran 5 jutaan bisa lebih atau kurang sedikit.

Kita membahas kencang atau kecepatan. Dan diukur di medan yang rata atau aspal atau jalan kampung. Bisa berupa tanah tapi jalan tidak dalam kondisi ekstrim berbatu besar. Yuk kita simak alasannya.

MTB Murah lebih kencang dari pada MTB Mahal?!

1. Rasio gear

MTB mahal biasanya mempunyai 1 pilihan gear depan dan 12 pilihan gear belakang. MTB murah mempunyai 3 pilihan gear depan dan 9 sampai 10 pilihan gear belakang. Berbeda dengan kasus menanjak, untuk memperoleh kecepatan tinggi, semakin besar gear depan dan semakin kecil gear belakang akan semakin kencang.

Nah disini akan cukup terjawab secara teknis. Biasanya gear depan MTB mahal adalah 32T (maksudnya gear itu memiliki 32 gigi), sedangkan MTB murah mempunyai 3 Gear yaitu 22T-36T-42T. Berarti dalam hal gear depan MTB murah lebih besar yaitu 42T. Bagaimana dengan gear belakang? Baik MTB mahal atau MTB murah umumnya gear paling kecil berukuran 11T.

Terjawab kan? Lebih jelasnya kita hitung rasio gearnya. Semakin tinggi rasio gear akan semakin kencang. caranya jumlah gigi gear depan dibagi jumlah gigi gear belakang.
MTB mahal ,32T dibagi 11T hasilnya 2,9
MTB murah, 42T dibagi 11T hasilnya 3,8

Tuh kan secara rasio gear terbukti sepeda murah lebih kencang dibandingkan dengan MTB mahal. bahasa orang awamnya MTB mahal dikayuh sekali roda berputar hampir 3 kali, sedangkan MTB murah dikayuh sekali roda berputar hampir 4 kali. Dengan jumlah kayuhan yang sama jumlahnya MTB murah akan lebih jauh jarak tempuhnya.

2. Ukuran Ban (lebar)

MTB mahal biasanya mempunyai ukuran lebar ban yang lebih besar. Dengan demikian gaya gesek yang dihasilkan oleh ban dengan jalan akan lebih besar. Semakin besar gaya gesek, semakin besar pula hambatan yang diterima sepeda untuk melaju kencang.

Sampai disini paham ya, klo tidak percaya coba deh cek pelajaran fisika. Atau bisa menghubungi guru fisika terdekat tentang konsep gaya. Hihihi

MTB Murah lebih kencang dari pada MTB Mahal?!

3. Suspensi

MTB Murah pada umumnya hanya memiliki fork/suspensi depan sedangkan MTB mahal full suspensi depan dan belakang. Mengapa suspensi berpengaruh? Coba deh lihat sepeda balap atau road bike. Tidak ada suspensinya kan? Hehehe

Kemakin tinggi trevel suspensi, membuat sepeda lebih mentul-mentul. Apa lagi supensinya dobel depan dan belakang. Semakin mentul-mentul membuat kayuhan tidak efisien di jalan datar. Lah kan sepeda mahal suspensinya bisa dikunci? Gak mentul-mentul dong, sepeda 5jutaan juga bisa dikunci.

Berarti seri=imbang=tidak beda. Karena sama-sama bisa dikunci. Lah ngapain ditulis kalo sama saja? Ya, buat pengetahuan saja. Dan membuat artikel ini lebih panjang. Hehehe, pisss. Tapi sudah terjawab ya, alasan MTB murah bisa lebih kencang dari MTB mahal di jalan datar? melihat alasan pertama dan kedua.

MTB Murah lebih kencang dari pada MTB Mahal?!

Penutup dan kesimpulan

Dari ulasan Kontenwriter.com diatas bisa disimpulkan bahwa MTB murah memang lebih kencang dibanding MTB mahal, SYARAT dan KETENTUAN berlaku. Tapi bukan berarti MTB mahal tidak Value for money. Karena keunggulannya sangat banyak.

Keunggulan MTB mahal diantaranya, built quality material yang jauh lebih baik, lebih kokoh di medan taktikal-buruk-berbatu dan pada saat turun dari lompatan. Kualitas ban yang bagus dan lebar membuat lebih stabil di jalan licin. Sisi pengereman juga pastinya lebih pakem. Lebih keren dan menaikkan gengsi.

Bisakah MTB mahal lebih kencang dari MTB murah? Coba bayangkan. Dikondisi medan berat berbatu, atau turunan dari bukit tinggi nan licin. Tentu MTB mahal jauh lebih unggul, MTB murah berani mencobanya? Ambyaaarrr!!!