Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Optimalkan Manfaat Usai Bersepeda dengan Memilih Makanan yang Sehat

Optimalkan Manfaat Usai Bersepeda dengan Memilih Makanan yang Sehat

KontenWriter.com – Untuk mengoptimalkan manfaat bersepeda kita harus memilih makanan yang baik dan sehat setelahnya. Jangan asal mampir ke warung dan jajan. Hehehe

Sesuai dengan tujuan kamu semua bersepeda, tentu ingin sehat kan? Aktivitas bersepeda rutin sudah kita bahas di artikel sebelumnya, akan meningkatkan kebugaran dan menjaga kesehatan jantung. Bisa juga untuk diet bagi yang bertubuh tebal, hihihi

Namun banyak goweser/pesepeda yang sering mengabaikan jenis makanan yang dimakan setelah bersepeda. Banyak pula yang langsung mampir dipinggir jalan membeli jajanan. Apa tidak boleh? Boleh donk, namun akan kami berikan beberapa saran untuk memilih makanan yang sehat.

Bukan hanya bertujuan mengembalikan energi berupa glukosa/karbohidrat ke dalam tubuh. Namun lebih dari itu memilih makanan setelah bersepeda harus memperhatikan aspek pemulihan, pembentukan otot, juga rehidrasi.

Glikogen atau simpanan karbohidrat di dalam otot dan hati akan dibakar sebagai sumber energi saat bersepeda. Makan makanan yang mengandung karbohidrat akan membantu proses penyimpanan kembali glikogen dalam tubuh.

Selain karbohidrat protein juga sangat diperlukan untuk perbaikan dan pembentukan otot. Selanjutnya untuk rehidrasi (upaya pengembalian cairan tubuh yang terbuang) diperlukan makanan atau minuman yang kaya mineral. Untuk menghindari dehidrasi dan menyeimbangkan elektrolit dalam tubuh.

Memilih Makanan yang Sehat akan Mengoptimalkan Manfaat Usai Aktivitas Bersepeda

1. Kentang Panggang dan Telur Rebus

Jangan digoreng ya, hehehe. Kentang Panggang (bersama kulitnya) dan telur rebus merupakan kombinasi yang bagus untuk sumber karbohidrat dan protein. Makan 30 atau 60 menit setelah bersepeda untuk menyuplai glikogen ke dalam tubuh.

Tidak hanya itu kentang juga mengandung kalium, sehingga membantu keseimbangan elektrolit yang keluar bersama keringat. Kentang memiliki indeks glikemik tinggi yang berfungsi meningkatkan insulin dan menghambat pemecahan protein otot pada aliran darah. Pada penderita diabetes tidak disarankan memakannya terlalu banyak, apa lagi digoreng.

Telur mengandung asam amino (pembentuk protein) yang mudah diserap oleh tubuh. Sehingga pemilihan telur rebus untuk makanan setelah bersepeda merupakan pilihan tepat untuk suplai protein guna pembentukan otot.

2. Nasi Putih dan Ayam Panggang

Ternyata mengkonsumsi nasi putih setelah bersepeda adalah hal yang baik. Nasi putih mengandung karbohidrat sederhana yang mudah dipecah oleh tubuh sehingga gula darah yang hilang dalam tubuh akan cepat digantikan.

Nasi putih juga memiliki kandungan asam amino yang berperan dalam pembentukan otot. Kemudian daging ayam, terutama bagian dada adalah sumber protein tinggi. Nasi putih dan ayam panggang merupakan kombinasi makanan bernutrisi lengkap sumber karbohidrat dan protein. Apa lagi ditambah sambal, lebih nikmat… hehehe 

3. Kacang-kacangan

Memang tidak enak dikacangin, enaknya kacang itu dimakan aja.. hehe… makanan ringan sumber protein tinggi setelah bersepeda. Apalagi kacang mede dan kacang almond, enak bener dah.

Kacang mede memiliki kandungan zat besi yang tinggi dan kandungan lemak paling rendah diantara kacang-kacang yang lain. Kacang almond kaya akan kalsium, magnesium dan kalium. Kacang almond juga membantu menjaga fungsi otot dan saraf.

Optimalkan Manfaat Usai Bersepeda dengan Memilih Makanan yang Sehat

4. Susu coklat, Smoothies

Emmm,,, bayangin aja udah pengen, tapi olahraga dulu ya gaes. Susu coklat (pilih yang rendah lemak) memiliki kandungan karbohidrat dan protein. Gula didalam susu coklat juga mengandung karbohidrat sederhana sehingga mudah diserap oleh sistem pencernaan. Selain itu juga kandungan kalsium dan vitamin D.

Smoothies adalah minuman dari campuran buah-buahan segar dengan madu atau susu, bisa juga dengan air kelapa, ditambah kacang-kacangan sebagai sumber protein juga oke. Dari komposisinya aja terbayang kan manfaatnya. Direkomendasikan memilih buah berry yang kandungan airnya tinggi untuk proses rehidrasi.

5. Air dan perasan buah lemon

Ditambah es, seger banget… Segelas air mineral dengan perasan lemon baik dikonsumsi setelah bersepeda untuk menghidrasi tubuh. Apalagi kamu yang sedang menjalani program diet, makanan-makanan berat tidak selalu disarankan.

Kontenwriter.com hanya menulis air dengan perasan lemon menghilangkan dehidrasi lho ya. Untuk diet tentunya harus menjaga pola makan, jangan bersepeda malah tambah porsi makannya. Namun untuk makanan diatas bisa dipertimbangkan. Dengan bersepeda rutin tiap hari dan memilih makanan sehat akan menurunkan berat badanmu. Tanpa harus diet ketat.

Kesimpulan pilihan makanan sehat setelah bersepeda.

Nah gimana ulasan Kontenwriter.com diatas? Sehat namun tetap nikmat untuk dikonsumsi kan? Jadi tetap semangat bersepeda ya. Bagi para pedagang juga bisa jadi referensi nih, untuk menjual makanan sehat namun tetap nikmat. Akhirnya, mohon kritik dan saran yang membangun, untuk kemajuan kami.