Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Saat Bersepeda Di Jalan Raya, Penting Bagi Pesepeda Menghafal Isyarat ini!

Saat Bersepeda Di Jalan Raya, Penting Bagi Pesepeda Menghafal Isyarat ini!

KontenWriter.com
- Saat bersepeda di jalan raya, penting bagi pesepeda menghafal isyarat ini! penting juga bagi pengemudi kendaraan untuk tahu, agar aman di jalan.

Semakin ramainya pengguna sepeda sebagai alat trasportasi atau sekedar alat olah raga, semakin banyak pula macam alat transportasi di jalan raya. Dalam bersepeda di jalan raya tentu harus memperhatikan standard keselamatan.

Setelah perlengkapan penunjang keselamatan terpenuhi, hal selanjutnya yang perlu diketahui adalah isyarat dalam bersepeda. Hal ini perlu dihafal pengguna sepeda, juga diketahui juga oleh pengguna mobil dan kendaraan di jalan raya.

Isyarat ini diperlukan untuk memberikan informasi bagi pengendara mobil atau motor yang juga warga jalan raya. Agar tahu apa yang akan kamu lakukan dan apa kamu minta. Jangan memaksa warga jalan menebak isi hatimu ya, hehehe.

Nah melansir dari akun instagram Dishub DKI Jakarta, kami akan jelaskan beberapa isyarat untukmu. Sebagai goweser yang tertib lalulintas, simak baik-baik ya.

Saat Bersepeda Di Jalan Raya, Penting Bagi Pesepeda Menghafal Isyarat ini!

Isyarat belok kanan (photo by: Dishub DKI Jakarta)

1. Isyarat berbelok ke kanan

Isyarat dasar yang pertama adalah tentang berbelok. Jika pengendara kendaraan bermotor ada lampu sign, kamu cukup menggunakan tanganmu. Untuk berbelok ke arah kanan julurkan tangan kananmu lurus ke samping kanan dengan 5 jari terbuka.
Isyarat belok kiri (Photo by: Dishub DKI Jakarta)

2. Isyarat berbelok ke kiri

Berkebalikan dengan yang pertama, untuk berbelok ke arah kiri julurkan tangan kirimu lurus ke samping kiri dengan 5 jari terbuka. Jangan sampai tertukar ya. Tentu isyarat ini menyesuaikan keadaan.

Lihat keadaan disampingmu terlebih dahulu, apakah kondisi memungkinkan melakukan isyarat ini! Jangan sampai ada pengendara disamping, bisa tersodok tanganmu nanti. Jika tidak memungkinkan menjulurkan tangan lurus, ya secukupnya saja. Hehehe
Isyarat berhenti (Photo by: Dishub DKI Jakarta)

3. Isyarat Berhenti

Kira-kira gimana nih jika kamu ingin mengisyaratkan sepedamu akan berhenti atau meminta pengendara dibelakangmu berhenti juga (biasanya dikondisi macet)? Apakah kamu akan membentuk huruf X dengan kedua tanganmu? “tapi tak begini” kata Mas Anang. Hihihi

Untuk berhenti juga cukup menggunakan satu tangan ya sobat, kalo pakai dua tangan gimana ngeremnya. Angkat tangan kananmu keatas dengan 5 jari terbuka menghadap kedepan. Tangan kiri menarik tuas rem.
Isyarat kurangi kecepatan (Photo by: Dishub DKI Jakarta)

4. Isyarat kurangi kecepatan

Dalam kondisi kendaraan didepan yang melambat atau lampu merah menyala, untuk isyarat mengurangi kecepatan juga penting nih. Gerakanya menggunakan tangan kanan yang diposisikan kebawah dengan 5 jari menghadap kebawah, gerakan naik dan turun berulang.
Isyarat petunjuk lubang (Photo by: Dishub DKI Jakarta)

5. Isyarat pentunjuk lubang

Sebagai goweser yang baik hatinya. Ketika anda melihat adanya lubang di jalan rusak nan berlubang, berilah informasi ke pengendara lain. Agar kamu kecelakaaan dapat terhindarkan. Super sekali. Hehehe

Nah caranya pakai tangan kananmu menunjuk kebawah dengan jari telunjuk, kea rah lubang. Boleh pakai jempol? Terlalu sopan, nanti dikira mempersilahkan duduk, Hehehe. Kalau lubangnya dikiri? Pakai tangan kiri, jangan pakai lirikan mata. Nanti menarik hati. 

Isyarat mempersilahkan mendahului (Photo by: Dishub DKI Jakarta)

6. Isyarat mempersilakan kendaraan mendahului

“Yuk duluan kamu yang ada dibelakang, kamu iya kamu”. Kendaraan bermotor yang rata-rata memiliki kecepatan yang lebih dibanding sepeda. Ketika kamu ingin mempersilakan kendaraan bermotor untuk mendahuluimu.

Julurkan tangan kananmu kearah kanan bawah dengan 5 jari menghadap depan. Ayunkan tanganmu kea rah depan secara berulang. Sampai kapan? Sampai kendaraannya menyalip. Kamu juga bisa membantu dengan cara melambatkan kayuhanmu.

Penutup Penting Bagi Pesepeda Menghafal Isyarat Bersepeda Di Jalan Raya

Nah, demikian Kontenwriter.com mengulas isyarat dasar yang sering digunakan pesepeda untuk memberi informasi kepada pengendara di jalan raya. Dengan adanya isyarat ini diharapkan akan mengurangi resiko terjadinya kecelakaan. Semoga bermanfaat.