Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Suka Gagahnya MTB, Tapi Juga Suka Kencangnya Road-bike! Pilih Mana? Fusion

Suka Gagahnya MTB, Tapi Juga Suka Kencangnya Road-bike! Pilih Mana? Fusion

KontenWriter.com – Bagi kamu yang suka sepeda gagah seperti MTB, tapi juga suka sepeda kencang layaknya RB (Road Bike), dan bingung memilih yang mana. (Fusion) Kenapa tidak digabungkan saja.

Masih pada bingung ya mau pilih MTB atau Road bike. Kenapa tidak beli keduanya saja, dan dipakai bergantian? Hehehe. Sebelum kamu memutuskan pilih yang mana ayo kita kenalan dengan ketiganya. Lha, kok tiga? Iya kita akan membahas MTB dan Road bike, plus satu lagi rekomendasi dari kami.

MTB

Ketika kamu memilih MTB mungkin kamu adalah sosok yang suka berpetualang. Melaju di lintasan off-road yang berbatu, menaklukkan bukit yang menguji adrenalin. Dengan adanya fork depan, sepeda MTB dapat meredam getaran saat melintas di jalan bebatuan.

Apa lagi bagi kamu yang hanya bersepeda di medan off-road, MTB fullsus sangat cocok untukmu. Dengan suspensi di depan dan belakang semakin memanjakanmu dalam menaklukkan medan berat.

Sepeda MTB juga memiliki banyak pilihan gear di bagian belakang dengan ukuran kecil hingga besar. Tentu dengan adanya pilihan gear yang besar akan memudahkan kita dalam melibas tanjakan.

Posisi badan saat menaiki sepeda MTB tegap dan rileks, sehingga tidak akan terasa capek berlebih. Posisi badan ini juga memudahkan kita menaklukkan medan off-road. Namun posisi badan yang tegak akan mempengaruhi aerodinamis, sehingga laju sepeda agak terhambat di jalan on-road atau aspal.

Yang terakhir, ciri khas MTB memiliki ukuran ban yang besar. Cocok untuk segala medan, juga ada yang berfokus di medan terjal berbatu. Dengan ukuran ban besar tentu akan menghambat laju ketika dipakai di jalan aspal. Kemudian dengan ban besar pula membuat tekanan angin didalam rendah, akan mengurang kecepatan sepeda.

Road Bike

Dari namanya sudah tahu kan, sepeda macam apa ini. Yups, sepeda Road bike sangat cocok bagi kamu yang hanya bersepeda di jalan kota. Atau bagi kamu yang mengejar rekor top speed di jalan aspal. Karena ini sepeda road bike jangan berharap bisa diajak menerjang jalan berbatu ya. Karena fork rigid, tidak memberi bantuan dalam peredaman jalan berbatu.

Ukuran ban yang tidak terlalu besar, bisa dikatakan tipis, akan membuat sepedamu melaju kencang. Hal ini dikarenakan area ban yang menapak ke aspal sedikit, menghasilkan gaya gesek yang kecil pula. Kemudian dengan ukuran ban yang demikian membuat tekanan angin tinggi. Sehingga memperkecil hambatan saat melintasi jalan aspal.

Road bike dengan tipe drop bar membuat posisi badan membungkuk, sehingga mengurangi hambatan angin dari depan. Membuat sepedamu makin ngacir melaju kencang di jalan raya.

Yang perlu kamu perhatikan, dengan posisi badan membungkuk mungkin akan membuat lenganmu pegal dan timbul nyeri di badan. Jadi kamu perlu beradaptasi menggunakan sepeda ini. Kemudian juga kamu harus berhati-hati saat kondisi jalan licin, usai hujan. Latihlah keseimbangan jika kamu memilih sepeda road bike dengan ciri khasnya, ban yang kecil.

Suka Gagahnya MTB, Tapi Juga Suka Kencangnya Road-bike! Pilih Mana? Fusion

Kita jawab pertanyaan di judul utama kita, ketika kamu menyukai MTB dengan segala kelebihannya dan Roadbike dengan fokus kecepatannya. Kami akan menyarankan penggabungan dari keduanya. Yaitu sepeda hybrid.

Contoh sepeda hybrid, Thrill Volare 1.0 (Photo by: www.thrillbicycle.com)

Sepeda Hybrid

Sepeda hybrid merupakan kombinasi dari sepeda gunung (MTB) dengan sepeda road bike. Sepeda ini akan menjawab keinginanmu tentang gagahnya sepeda MTB dan kencangnya Road bike dalam satu sepeda. Nah kenapa kok dikatakan gabungan:

Pertama, sepeda ini memiliki posisi duduk tegak layaknya MTB sehingga membuat kita lebih rileks. Memiliki fork depan, walaupun travel tidak terlalu tinggi. Cukup untuk diajak melintasi jalan kampung atau off-road ringan.

Selanjutnya, ukuran ban yang lebih kecil dari MTB namun sedikit lebih besar dari Road bike dikombinasikan dengan pilihan gearnya, membuat sepeda ini dapat digunakan untuk melaju kencang di jalan beraspal.

Penutup Gagahnya MTB, Kencangnya Road-bike, sepeda Hybrid

Setelah membaca ulasan dari Kontenwriter.com apakah sudah bulat tekadmu untuk memilih yang mana? Tentu kalau kamu pecinta off-road kamu dapat memilih MTB. Sebaliknya jika hanya diaspal dan mementingkan kecepatan, tentu roadbike pilihannya. Boleh dibalik? Ya suka-suka kamu, kan kamu yang beli. Hehehe.

Kami akan lebih menyarankan kamu untuk memilih sepeda hybrid, jika kamu hanya ingin menggunakan sepeda untuk off-road ringan dan banyak bersepeda di jalan beraspal. Nah, akhirnya pilihan kembali ke tanganmu. Selamat bersepeda.