Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bagi Para Pendaki, Yuk Kenalan dengan 5 Gunung Indah di Jawa Tengah

Bagi Para Pendaki, Yuk Kenalan dengan 5 Gunung Indah di Jawa Tengah

KontenWriter.com – Bagi para pendaki, kamu harus coba mendaki 5 gunung yang terkenal indah di Jawa Tengah ini. Yuk kenalan dengan kelima gunung itu.

Halo sobat muncak, hehehe hobi banget naik gunung. Jangan lupa pulang ya, saking indahnya pemandangan yang dapat dilihat dari atas gunung. Sudah pernah muncak ke gunung mana saja nih?

Mendaki Gunung adalah hobi yang sangat mengasyikkan. Melatih fisik dan mental, tanggung jawab dan kerja sama. Diperlukan persiapan yang baik jika kamu ingin melakukan kegiatan ini. Skill bertahan hidup dan kreatifitasmu juga sangat dibutuhkan.

Salah satu daya tarik Indonesia adalah banyaknya jalur pendakian. Termasuk di salah satu provinsinya yaitu Jawa tengah. Memiliki banyak gunung dengan keindahan yang haqiqi. Akan kami rekomendasikan bagi kalian yang suka muncak, 5 gunung terindah di Jawa Tengah.

Bagi Para Pendaki, Yuk Kenalan dengan 5 Gunung Indah Di Jawa Tengah


1. Gunung Marbabu


Gunung Merbabu sangat terkenal dengan pemandangannya yang indah dikalangan para pendaki. Terletak di kabupaten Boyolali, memiliki ketinggian 3.145 Mdpl. Gunung ini sangat populer dengan sabana nya yang sangat indah.

Untuk mendaki Gunung Merbabu kamu dapat memilih jalur-jalur terdekat dengan lokasimu. Kami pernah mendaki gunung ini via Chuntel. Jalur lain yang dapat kamu pilih antara lain Wekas, Selo, Suwanting, dan Thekelan.

2. Gunung Lawu

Kamu diseluruh penjuruh Indonesia pasti kenal dengan Gunung Lawu. Terletak di perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur, memiliki ketinggian 3.265 Mdpl. Untuk mendaki Gunung Lawu kamu dapat melewati jalur Cemoro Kandang dan Candi Cheto untuk yang dari Jawa Tengah. Cemoro Sewu dan Singolangu (Singolangu dipercaya sebagai jalur yang dilewati Raja Brawijaya saat naik Gunung Lawu) bagi yang dari Jawa Timur.

Terkenal dengan sunrise dan sabana yang membentang luas adalah daya tarik dari Gunung Lawu. Kamu juga bisa membeli makan dan minum di Warung Mbok Yem yang dinobatkan sebagai warung tertinggi di Indonesia, hehehe kok bisa? Ya iya warung di ketinggian 3.150 Mdpl gitu loh. Gimana caranya ya buka warung digunung setinggi itu.

Bagi kamu yang suka ngeluh saat naik gunung, ingat Mbok Yem jualan dipuncak gunung. Kebayang kan repotnya bawa barang dagangan, hihihi.

3. Gunung Prau

Gunung ini terletak di Wonosobo, dengan ketinggian 2.565 Mdpl. Bagi pendaki pemula cocok banget nih, 2-4 jam udah sampe puncak. Gunung Lawu terkenal dengan puncaknya yang sangat indah, dari atas terlihat puncak gunung lain dengan lautan awan.

Kamu bisa mendaki Gunung Prau via Dieng. Heemm via Dieng? Boleh lah piknik dulu menikmati obyek-obyek wisata di Dieng dulu sebelum muncak.

4. Gunung Sumbing

Gunung ini dengan Gunung Sindoro terkenal sebagai gunung kembar. Orang-orang sering menyebutnya satu kesatuan, Sindoro-Sumbing. Mungkin gambar anak-anak legend yang sering menggambar dua buah gunung terinspirasi dari Sindoro Sumbing.

Gunung Sumbing merupakan gunung tertinggi di Jawa Tengah, dengan ketinggian 3.371 Mdpl. Gunung yang terletak di wonosobo ini terkenal dengan keindahan bunga edelweiss, bunga yang hanya tumbuh di ketinggian tertentu. Apakah hanya di Gunung ini? Ya tidak, kan ketinggian tertentu (pengalaman kami yang pernah muncak merbabu juga ada).




5. Gunung Andong

Hayo, siapa yang tidak tahu gunung ini? Mungkin kamu salah satu yang pernah muncak ke Gunung ini. Bagi yang gak betah capek tapi ingin merasakan jadi pendaki, pas banget untuk mencobanya. Cuma 1.726 Mdpl (terletak di Magelang), dapat ditempuh kira-kira 1-2 jam.

Banyak sekali orang berwisata ke Gunung Andong membawa tenda dan Camping disana. Walaupun tidak tinggi kamu juga dapat menikmati lautan awan dengan keindahan yang haqiqi.

Penutup 5 Gunung Indah Di Jawa Tengah


Rekomendasi dari Kontenwriter.com ini patut kamu coba. Bagi yang belum berpengalaman pun sudah kami rekomendasikan gunung yang cantik dan terjangkau dengan kekuatan kakimu, hehehe. Yuk muncak!