Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mau Backpacker ke Luar Negeri? Pelajari Tips dari Kami

Mau Backpacker ke Luar Negeri? Pelajari Tips dari Kami

KontenWriter.com – Widih, keluar negeri gaes. Kamu mau backpacker ke luar negeri? Pelajari dengan baik tips dari kami.

Masih ada yang bingung apa itu backpacker? Dari kata backpack, atau tas punggung atau kamu menyebutnya tas ransel. Berarti Backpacker adalah orang berransel, pake tas punggung. Hanya itu? Dalam istilah travelling, berarti orang yang melakukan perjalanan wisata mengandalkan tas punggungnya.

Terus apa bedanya dengan turis? Nah, biasanya turis adalah bagian dari kelompok yang difasilitasi oleh biro perjalanan atau perusahaan tertentu. Barang bawaannya pun bisa lebih banyak dan lebih lengkap dibanding backpacker.

Seorang backpacker sangat dituntut kemandirian dan perencanaannya. Karena tidak dibantu tourguide yang mengatur aktivitas perjalanan wisata. Seorang backpacker juga bertanggung jawab penuh atas dirinya sendiri. Karena tidak bisa seenaknya membawa barang, setiap space di tas ranselmu sangat berharga.

Mau Backpacker ke Luar Negeri? Pelajari Tips dari Kami

Pembahasan kali ini tentu untuk backpacker yang masih pemula untuk keluar negeri.

Mau Backpacker ke Luar Negeri? Pelajari Tips dari Kami


1. Petakan Destinasi yang Akan Dikunjungi

Kamu tipe yang mana nih, orang yang membuat perencanaan detail atau spontan saja saat tiba ditujuan? Sah-sah saja mau yang mana. Tapi saran kami catat destinasi-destinasi wisata dan aktivitas seru apa saja yang akan kalian lakukan disana.

Tentu tidak harus pakem, sangat patuh terhadap rencana, boleh spontan berimprovisasi. Dengan membuat catatan / peta konsep tujuan dan aktivitas apa saja yang akan dilakukan, kegiatan backpackermu akan lebih optimal. Tidak ada yang terlewat yang nantinya menyisakan penyesalan.

2. Pelajari Budaya Negara Tujuan

Ini sangat penting bagimu agar bisa berbaur dengan penduduk lokal (Negara tujuan). Siapa tau kamu tidak perlu mengeluarkan uang untuk menginap, hehehe. Tentu dengan mempelajari budaya penduduk lokal kamu diharapkan tidak menyinggung tuan rumah.

Karena mungkin yang kita anggap baik tapi tidak sopan menurut mereka, ataupun sebaliknya. Juga aturan-aturan disana. Baik aturan pemerintah maupun aturan sosial. Jangan sampai kamu langgar, meskipun itu kebiasaanmu itu yang dianggap biasa di Negara kita tercinta. Bisa berakibat denda bahkan suatu tindak kejahatan. Wow ngeri.

3. Perhatikan Cuaca atau Iklim Negara Tujuan

Sebelum kalian berangkat, carilah informasi iklim yang sedang berlangsung di Negara tujuan. Berbeda dengan Negara kita yang beriklim tropis, ketika kamu berkunjung di Negara dengan 4 musim kamu harus persiapan nih. Dan memutuskan, apakah ditunda dulu atau lanjuuut.

Jangan sampai terbalik, ketika kamu membawa baju tebal ternyata musim panas. Atau ketika disana musim dingin malah kamu membawa baju-baju tipis. Bisa beku kamu, apalagi kalau suhu dibawah 0 derajat Celsius. Heemmmm, kayak dikulkas.

4. Bawa Pakaian Seadanya

Pakaian yang kamu bawa disesuaikan dengan waktu, berapa lama kamu pergi. Jangan terlalu banyak membawa pakaian, karena ruang di ranselmu sangat berharga. Jangan lupa sisakan ruang untuk tempat oleh-oleh, sebagai tanda kamu pernah kesana.

Tidak seperti wisata yang semua direncanakan oleh biro perjalanan, kamu bebas membawa barang dan pakaian banyak sesukamu. Ketika kamu menjadi backpacker, kamu hanya membawa ransel yang isinya terbatas. Dan sepenuhnya tanggung jawabmu.

5. Budget Jalan dan Jajan

Namanya backpacker pemula, budget yang cukup harus kamu persiapkan. Dana untuk perjalanan, makan, penginapan, masuk wisata, dan oleh-oleh. Semua jangan terlewat, dan jangan hanya cukup-pas. Siapkan dana lebih, jangan sampai ketika kamu tiba dinegara tujuan terlalu memikirkan uang cukup atau tidak.

Berbeda dengan backpacker yang sudah sering melakukan perjalanan ke luar negeri. Pastinya sudah paham celah-celah untuk mendapatkan beberapa fasilitas low cost, bahkan gratis.

Mau Backpacker ke Luar Negeri? Pelajari Tips dari Kami

6. Minta Petunjuk Penduduk Lokal

Ketika kamu mengikuti wisata yang dikelola biro perjalanan, tentu tempat destinasi wisatanya adalah yang umum atau mainstream. Untuk menuju tempat wisata non-mainstream kamu perlu bertanya kepada penduduk lokal.

Nah, biasanya tempat yang demikian memiliki keindahan yang belum bayak orang mengetahuinya. Tentu fotomu menjadi lebih menarik, karena tidak banyak yang tahu.

7. Siapkan Obat-obat Pribadi

Jika kamu memiliki penyakit khusus atau penyakit yang sering kambuh, walaupun ringan bawalah obat andalanmu. Daripada bingung mencari obat disana, ketemu apotek juga belum tentu cocok obatnya. Hal ini perlu diingat ya, jangan sampai mengganggu kegiatan wisatamu.

8. Jangan Terlihat Seperti Turis pada Umumnya

Untuk menghindari tindak kejahatan berbaurlah dengan penduduk Negara tujuan. Pakailah pakaian yang biasa saja, seperti kamu tidak sedang berwisata. Apa lagi untuk wisatawan wanita yang sering menjadi target orang yang berniat jahat. Dengan pakaian yang biasa, dan berbaur seperti penduduk lokal juga bermanfaat saat kamu menawar barang. Hehehe

9. Manfaatkan Fasilitas Wifi Gratis

Banyak tempat-tempat yang menyediakan wifi gratis. Daripada mengganti kartu SIM untuk tetap terhubung internet, sembari makan di cafe kamu dapat memanfaatkan wifi gratisnya. Lumayan bisa berhemat untuk dialihkan ke keperluan yang lain.

Kamu juga bisa mendownload peta offline kota tempatmu berwisata di google map. Sehingga walaupun kamu tidak terhubung dengan internet tetap tahu jalan dan tidak tersesat. Terus ketika mau upload foto? Ya saat ketemu wifi gratis lagi, hehehe.

Penutup Tips Backpacker ke Luar Negeri


Sudah mantab untuk backpacker ke luar negeri? Setelah membaca ulasan dari Kontenwriter.com sudah paham ya persiapan apa saja yang diperlukan. Tentu mengajak teman atau pasanganmu akan lebih asyik. Akhirnya selamat berwisata dan bersenang-senang ke Negara tujuanmu.