Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tempat Wisata Populer yang Wajib Kamu Kunjungi di Jawa Tengah, Beserta Tarifnya

Tempat Wisata Populer yang Wajib Kamu Kunjungi di Jawa Tengah, Beserta Tarifnya

KontenWriter.com – Ketika kamu berkunjung ke Jawa Tengah, ada tempat-tempat wisata populer yang wajib kamu kunjungi. Apa saja itu? Yuk simak ulasan kami, beserta tarifnya

Ketika berbicara wisata di Indonesia pasti Bali sangat popular dengan keindahan alam dan pantainya. Ketika bicara kebudayaan, Jogja sangat terkenal destinasi wisatanya. Ketika anda suka menjernihkan pikiran, ke villa di puncak pasti jawa barat yang terkenal. Dan banyak yang lainnya.

Indonesia memang Negara dengan destinasi wisata yang sangat banyak. Baik wisata alam maupun wisata budayanya. Tidak terkecuali di Jawa Tengah, juga banyak tempat-tempat menarik yang dapat kamu kunjungi. Baik peninggalan sejarah, budaya, dan wisata alamnya.

Dari sekian banyak tempat wisata di Jawa Tengah Kontenwriter.com akan memilihkan beberapa saja ya, yang paling wajib dikunjungi, hehehe. Sekalian tariff masuknya.

Tempat Wisata Populer yang Wajib Kamu Kunjungi di Jawa Tengah, Beserta Tarifnya

1. Candi Borobudur – Magelang

Candi Borobudur merupakan candi Budha terbesar didunia, yang pernah masuk di deretan 7 keajaiban Dunia. Terdapat 1.460 relief yang mempunyai cerita dan 504 stupa yang selalu terjaga keasliannya. Untuk menikmati pesona Candi Borobudur kamu hanya harus membayar Rp50.000,- sedangkan wisata mancanegara 25 US dollar.

Tempat Wisata Populer yang Wajib Kamu Kunjungi di Jawa Tengah, Beserta Tarifnya

2. Candi Prambanan – Klaten

Kamu pasti tidak asing dengan legenda 1000 candi yang dibuat hanya dalam satu malam. Apakah benar hanya dalam satu malam? Kami pun tidak tahu. Apakah benar ada 1000 candi? Nyatanya secara total hanya ada 240 candi, dan yang masih berdiri kokoh beberapa candi utama saja.

Namun, walau begitu candi ini tetap mempesona dan layak untuk dikunjungi. Keindahannya membuat kamu betah, hehehe. Untuk kamu yang tidak percaya jumlahnya 1000 beneran atau tidak, bisa kamu hitung sendiri ya. Tiket masuknya murah, hanya Rp50.000,-

3. Kota Lama – Semarang

Keindahan kota lama Semarang yang instagramable tidak bisa kamu lewatkan. Paling tidak mampir saja sebentar untuk mengambil foto dan menikmati suasananya. Gratis loh, yang bayar hanya jika kamu jajan disana, hehehe. Ada juga persewaan sepeda dan sekuter, kalau belum naik sewanya Rp15.000,- (asyik banget kan)

4. Puri Maerokoco – Semarang

Nah kalau di Jakarta ada taman mini Indonesia indah, Jawa Tengah juga punya taman mini versinya. Sebagai wisata dan sarana edukasi yang menyajikan kebudayaan, pakaian khas, rumah adat, hingga permainan tradisional. Terdapat juga wahana-wahana menarik untuk hiburan bagi si kecil. Nah, tarif masuk Puri Maerokoco sangat terjangkau, yaitu Rp.10.000,-.

Lawang Sewu (Photo by: travel.kompas.com)

5. Lawang Sewu – Semarang

Bagi kalian yang suka beruji-nyali tempat ini bisa kalian kunjungi setelah matahari terbenam. Aura mistisnya sangat terkenal. Bagi yang berani saja ya. Kalau tidak berani ya berkunjung siang saja. Dari namanya (Lawang Sewu) yang berarti seribu pintu, bukan berarti benar-benar memiliki 1000 pintu, namun memang pintunya sangat banyak. Hitung sendiri kalau mau membuktikan, hehehe. Untuk masuk kedalam tarifnya berkisar antara 5.000 – 10.000 rupiah.

6. Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) – Semarang

Gak lengkap kalau kamu melewati atau ke Semarang tidak mampir MAJT yang sangat ikonik. Serasa kamu ke masjid nabawi, masjid ini memiliki enam buah payung raksasa. Kamu juga bisa menaiki tower masjid untuk menikmati pemandangan Kota Semarang. Harga masuk masjidnya Gratis, yang bayar masuk towernya (Rp7.500,-)

Tempat Wisata Populer yang Wajib Kamu Kunjungi di Jawa Tengah, Beserta Tarifnya

7. Grojokan Sewu Tawangmangu – Karanganyar

Pecinta suasana alam air terjun, mampir kesini deh. Nikmati sejuknya udara dan pepohonan yang masih asri. Daya tarik selanjutnya adalah monyet-monyet yang berkeliaran. Jadi, jaga baik-baik barang bawaanmu. Untuk masuk, wisatawan domestik cukup membayar Rp20.000,- sedangkan wisatawan asing Rp110.000,-

8. Kampung Batik Lawean - Solo

Konon Kampung ini sudah berdiri sejak abad ke 16. Disini kamu bisa berbelanja batik solo asli. Juga menikmati keindahan bangunan khas eropa, yang memang dulunya milik para saudagar batik.

9. Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat – Solo

Keraton ini dibangun pada masa Paku Buwana II tahun1744. Keraton ini merupakan destinasi wisata budaya yang ramai dikunjungi wisatawan. Apalagi kamu berkunjung di saat hari besar islam seperti bulan Ramadhan. Aka nada gelaran upacara budaya di kraton ini. Tarif masuk untuk Rp10.000,- dan Rp8.000,- jika rombongan. Wisatawan asing Rp15.000,-

Umbul Ponggok-klaten (Photo by: travel.detik.com)

10. Umbul Ponggok – Klaten

Mau foto didalam air bersama ikan-ikan? Nah tempat ini recomanded banget gaes. Bisa dikatakan ini adalah konsep kolam renang raksasa, yang cocok bagi kamu yang ingin merasakan suasana bawah laut, tapi takut dilaut yg asli, hehehe.

Gak usah repot-repot bawa properti, sudah disiapkan pengelola. Mau pose naik motor di dalam air, atau ngerjain tugas dengan laptop diair, semua bisa. Keren banget kan untuk bahan postingan. Tiket masuk regulerRp15.000,- paket Rp30.000,- kamera underwater Rp60.000,-

11. Pantai Karang Bolong – Kebumen

Pantai selatan terkenal dengan garis pantainya yang indah, termasuk pantai karang bolong ini. Para pecinta pantai, wajib coba destinasi ini. Ada hal menarik lainya yaitu sarang-sarang burung wallet di dalam gua. Keindahan ini dapat kamu nikmati hanya dengan Rp5.000,-

12. Gua Petruk – Kebumen

Sudah sampai kebumen, nikmati juga relief yang terbentuk secara alami di Gua Petruk. Rugi lah kalau tidak mampir ke Gua ini. Keindahan ini dapat kamu nikmati hanya dengan Rp8.000,- untuk dewasa dan Rp5.500,- untuk anak-anak.

13. Dataran Tinggi Dieng – Wonosobo

Berada di ketinggian 2.000 mdpl dan 30km dari pusat kota wonosobo. Ada tiga tempat indah yang kamu bisa kunjungi yaitu bukit sikunir (Rp10.000,-), telaga warna (Rp21.000,-) dan sumur Jalatunda (Rp5.000,-).

Tempat Wisata Populer yang Wajib Kamu Kunjungi di Jawa Tengah, Beserta Tarifnya

14. Taman Nasional Karimun Jawa – Jepara

Kalau yang ini tidak perlu dijelaskan keindahannya ya, baik alam dan bawah lautnya terkenal sampai mancanegara. Kalau untuk tarifnya susah ni, biasanya ada biro perjalanan yang menawarkan paket wisata dari ratusan ribu sampai jutaan rupiah. Apakah worthed? Sangat!


Tempat Wisata Populer yang Wajib Kamu Kunjungi di Jawa Tengah, Beserta Tarifnya

15. Kawasan Wisata Baturaden – Banyumas

Yang terakhir ya, sebenarnya masih banyak. Apa yang ditawarkan? Terletak di lereng selatan gunung slamet, suasana sejuk, pemandangan kota purwokerto, pulau nusa kambangan, dan pantai-pantai indah kabupaten CIlacap menjadi daya tariknya. Terkenal dengan pemandian air panas, tempat piknik dan kemah keluarga. Tiket Rp20.000,- Rp25.000,-.

Penutup Tempat Wisata Populer yang Wajib Kamu Kunjungi di Jawa Tengah, Beserta Tarifnya


Nah, sudah banyak Kontenwriter.com rekomendasikan tempat-tempat wisata di Jawa Tengah, tentu belum semua. Kalau semua dibahas pasti ada ratusan. Tinggal kamu mau pilih yang mana. Akhirnya selamat berlibur dan bersenang-senang.