Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Wisata Kuliner, 9 Makanan Khas Semarang yang Nagih Banget

Wisata Kuliner, 9 Makanan Khas Semarang yang Nagih Banget

KontenWriter.com – Semarang adalah tempat yang pas bagi kamu pecinta kuliner. Yuk wisata kuliner, dengan 9 makanan khas Semarang yang pastinya nagih banget. 

Kita sudah pernah membahas Wisata di Semarang pada arikel sebelumnya, karena memang banyak sekali tempat wisata di Semarang. Dari yang sudah ada sejak jaman dahulu seperti Lawang Sewu, Kota Lama, Puri Maerokoco, dan Klenteng Sampokong. Sampai yang lagi hits seperti Dusun Semilir dan Taman Bunga Celosia.

Nah untuk bahasan kali ini fokus ke kuliner khas yang ada di Semarang ya gaes. Karena memang semarang juga terkenal dengan makanan khasnya, yang paling terkenal adalah lumpia dan wingko babat. Penasaran kana pa saja makanan khas semarang yang katanya enak. Yuk berwisata kuliner ke semarang.

Wisata Kuliner, 9 Makanan Khas Semarang yang Nagih Banget


Wisata Kuliner, 9 Makanan Khas Semarang yang Nagih Banget

1. Lumpia

Makanan ringan asal Semarang ini sangat populer, dan menjadi oleh-oleh yang wajib ketika kamu berwisata ke Semarang. Rebung muda merupakan isian utama dari Lumpia, biasanya ditambah telur, sayuran, daging atau makanan laut, dan dibungkus dengan kulit lumpia tipis dengan bahan dasar gandum.

Varian lumpia ada yang basah (direbus) dan yang kering (digoreng). Kamu bisa memakannya bersama saus kusus berwarna kecoklatanyang sudah menjadi pake. Bisa juga dimakan hangat-hangat bersama cabe rawit, heeeeemmm mantab.

Wisata Kuliner, 9 Makanan Khas Semarang yang Nagih Banget

2. Tahu Gimbal

Hampir sama seperti gado-gado dan ketoprak (ada yang berbeda dengan isinya), tahu gimbal pas banget untuk makan siang. Berisikan lontong, tahu goring, telur goreng, kola tau kubis, dan gimbal. Eh apa nih maksudnya gimbal, kok kayak rambut? Gimbal disini adalah bakwan udang (udang goreng berselimut tepung, hehehe). Wah jadi laper nih!

Wisata Kuliner, 9 Makanan Khas Semarang yang Nagih Banget

3. Garang Asem

Bagi yang pertama kali mendengar makanan garang asem, kami jelaskan nih. Banyak varian cara memasak garang asem, namun intinya sesuai dengan namanya makanan ini ada rasa asem-asemnya. Berisikan ayam kampung, ayam potong pun boleh dimasak dengan cara dikukus.

Ayam, dikukus dengan cara dibungkus dengan danun pisang. Rasa masamnya berasal dari tomat atau belimbing wuluh. Makanan ini berkuah, ada yang dengan santan dan ada yang bening dengan bumbu rahasia yang khas. Wah seger banget nih. 

Photo by: cookpad.com

4. Mie Kopyok

Mie kopyok atau mie lontong atau mie teng-teng, hehehe. Kenyang deh pokoknya, ada karbohidrat dari mie dan lontongnya. Biasanya dijual oleh abang-abang bergrobak keliling, seger untuk makan siang.

Mie kopyok berisikan mie, lontong, tahu, kecambah, daging tetelan, disiram dengan kuah yang khas. Terakhir diberi remasan kerupuk gendar, ledri, bawang goreng dan kecap diatasnya.

Wisata Kuliner, 9 Makanan Khas Semarang yang Nagih Banget

5. Soto Ayam

Semua pasti sudah tahu kan dengan makanan ini, mudahnya nasi yang dicampur dengan sup ayam yang disajikan panas, seger banget. Berisi nasi putih, bihun,bawang putih goreng, kecambah, suwiran ayam. Disiram dengan kuah bening kecoklatan yang panas dan segar.

Lebih enak dimakan bersama aksesorisnya seperti sate telur puyuh atau sate usus dan sate-sate yang lainnya. Diberi sedikit perasan jeruk nipis lebih seger, dan bersama kerupuk atau keripik tempe menambah kemeriahan, hehehe. Yang terkenal di Semarang adalah Soto ayam Bangkong dan Soto Pak Man. 

Photo by: food.detik.com

6. Babat Gongso

Mantab banget nih untuk makan siang atau makan malam. Babat sapi yang sudah dibersihkan sebersih-bersihnya dimasak dengan cara ditumis dengan saus berwrna kecoklatan. Bisa dikatakan seperti kari yang isinya babat. Untuk level pedasnya sesuai selera ya. 

Photo by: jateng.tribunnews.com

7. Pisang Plenet

Pisang planet adalah pisang yang diplenet, heheh. Hah! Gitu doing? Prosesnya gini: pisang manis dibakar kemudian dipipihkan (diplenet) menggunakan dua kayu kotak yang datar (pisangnya ditutup plastik dulu agar tetap bersih), dan diberi taburan toping sesuai selera. Bisa topping coklat, keju, atau gula halus, dan lain sebagainya. Dimakan hangat-hangat sambil menikmati keindahan kota Semarang bersama doi, so sweet.

Photo by: www.kompas.tv

8. Ganjel Rel

Tidak sesuai namanya yang sangar, ternyata ini adalah nama kue khas Kemarang yang manis. Kue ini berbentuk kotak, padat, legit, bercitarasa kayu manis dan bertabur wijen diatasnya. Termasuk makanan ringan yang bisa sebagai sajian untuk tamu atau pendamping teh, tidak ringan lagi kalau kamu habis dua piring, hehehe. Nih rekomendasi produsen rumahan Ganjel Rel yang kami kenal, bisa WA Bu Muawanah: 087832624724. 


Wisata Kuliner, 9 Makanan Khas Semarang yang Nagih Banget

9. Wingko Babat

Termasuk makanan ringan khas Semarang yang sangat terkenal. Bukan seperti babat yang sebelumnya, ini merupakan nama kue yang manis sering kamu jumpai di stasiun atau terminal bus untuk oleh-oleh.

Wingko Babat, sikenyal lembut manis ini berbahan dasar kelepa muda, tepung beras ketan dan gula. Kue tradisional ini sekarang memiliki banyak varian rasa mulai dari yang original, rasa coklat, rasa vanilla, sampai rasa durian pun ada. Hal ini dilakukan untuk menarik minat konsumen, agar kue ini tetap lestari kberadaannya.

Penutup Wisata Kuliner, 9 Makanan Khas Semarang yang Nagih Banget 

Wah bikin ngiler ya gaes. Jangan lupa kalo ke semarang cobain semua rekomendasi dari Kontenwriter.com, dijamin enak deh. Pastinya ga cukup sehari ya, sambil piknik ke wisata semarang yang banyak sekali pilihannya. Apa perlu kami bahas juga tentang penginapan atau hotel di Semarang? Boleh jug ya nanti. Akhirnya selamat menikmati dan selamat bersenang-senang.