Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Teknik Merekam Video Menggunakan HP Agar Hasilnya Terlihat Profesional

8 Teknik Merekam Video Menggunakan HP Agar Hasilnya Terlihat Profesional

KontenWriter.com – Untuk menghasilkan video yang memukau, kami akan berbagi tentang 8 teknik merekam video menggunakan hp agar hasilnya terlihat professional.

HP/Smartphone kini merupakan kebutuhan pokok bagi semua orang. Dan tanpa disadari kini banyak orang yang sangat tergantung dengan HP. Coba deh kamu tidak pegang HP seharian penuh, gimana rasanya? HP tidak ada kuotanya saja sudah menjadi masalah apalagi tidak pegang sama sekali, bikin galau banget kan, hehehe.

Pada masa kini tidak dapat dipungkiri HP telah menggantikan banyak alat yang biasanya memiliki spesifikasi tertentu. Jika kamu tidak seorang professional fotografer mungkin akan enggan membawa kamera DSLR atau mirrorless, cukup HP toh hanya untuk keperluan sosial media. Hasilnya pun sudah bagus, walaupun memang tetap tidak dapat mengalahkan kamera DSLR maupun mirrorless dalam hal hasil perekaman.

Dengan segala kelebihannya HP akan lebih efektif dalam menghasilkan konten video. Ketika kamu memakai kamera mirrorless kamu membutuhkan computer/laptop untuk alat mengedit video dan posting ke sosial media/youtube. Namun dengan menggunakan HP dari proses perekaman, edit video, sampai posting hanya menggunakan HP itu. Bahkan vlogger maupun youtuber terkenal sering menggunakan HP di kondisi tertentu, dan hasilnya? Tetap bagus guys, tentu dengan menerapkan Teknik pengambilan gambar dan editing yang sudah professional.

Nah bagi pemula yang masih bingung / penasaran kenapa hasil rekamannya tidak bagus, getar/tidak stabil dan membosankan pas sekali mampir kesini. Kamu akan mempelajari Teknik perekaman video menggunakan HP kesayanganmu yang hasilnya pantas untuk diposting ke youtube seperti sudah professional.

8 Teknik Merekam Video Menggunakan HP Agar Hasilnya Terlihat Profesional


8 Teknik Merekam Video Menggunakan HP Agar Hasilnya Terlihat Profesional

1. Jangan Merekam Dengan Posisi Vertikal

Untuk story Instagram atau status WA yang dilihat menggunakan HP oke-oke saja. Namun jika dilihat menggunakan alat lain mungkin tidak akan bagus, contohnya dilihat menggunakan laptop / computer atau TV. Maka posisi horizontal akan lebih aman untuk semua device dan siap diposting ke semua medsos seperti Instagram, facebook, WA atau youtube. 

8 Teknik Merekam Video Menggunakan HP Agar Hasilnya Terlihat Profesional

2. Siapkan Tripod

Tripod sangat penting untuk beberapa kondisi dengan berbagai macamnya. Kami sarankan untuk membeli tripod yang kecil dan fleksibel saja seperti gorillapod. Tripod ini akan sangat berguna untuk merekam timelapse, dan cocok diletakkan di meja jika membuat video yang stay ditempat agar tidak pegel megangin HP.

Tripod jenis gorillapod juga membantu jika kamu ingin vloging menggunakan HP, akan memberi kestabilan lebih dibanding memengang dengan tangan secara langsung. 

8 Teknik Merekam Video Menggunakan HP Agar Hasilnya Terlihat Profesional

3. Fokuskan Apa Yang Ingin Kalian Rekam Secara Manual

Biasanya HP memiliki system autofokus, namun perhatikan saat kalian merekam apakah fokus sesuai dengan yang kalian inginkan, jangan-jangan objek yang kalian rekam blur. Jangan sampai kehilangan moment, lakukan focus secara manual dengan cara mengetuk layar HP di bagian mana yang ingin kalian inginkan, bisa juga kalian kunci fokusnya.

4. Jangan Menggunakan Digital Zoom

Sama seperti teknik menggambil gambar, sangat tidak dianjurkan menggunakan digital zoom yang ada di HP, kecuali HPmu memiliki fitur optical zoom atau memiliki kamera periskop akan tetap bagus dan tidak mempengaruhi kualitas gambar. Ingat ya yang boleh “optical zoom”, yang tidak boleh “digital zoom”. Solusinya jika tidak ada optical, mendekat ke objek.

5. Perharikan Pencahayaan

Untuk diluar ruangan dengan pencahayaan yang cukup mungkin tidak ada masalah, walaupun tetap harus diperhatikan dengan mencari posisi yang pas. Untuk didalam ruang atau kondisi lowlight kamu memerlukan alat tambahan, karena sangat tidak kami sarankan menggunakan lampu flash di HP untuk kasus perekaman video karena background akan gelap. Kamu bisa membeli extended lights atau portable LED lights dengan harga terjangkau mulai 100 ribuan.

6. Gunakan Mikrofon Eksternal untuk Kualitas Audio yang Lebih Baik

Beberapa HP menengah keatas mungkin sudah memiliki mikrofon yang bagus, namun tidak ada salahnya menambah mikrofon eksternal untuk kualitas yang lebih baik dan fokus. Tentu mikrofon eksternal akan sangat membantu menghasilkan audio yang jernih dan mengurangi noise, apalagi jarakmu dengan HP cukup jauh. Tapi mikrofon tidak wajib, jika kamu hanya membuat klip tanpa ada suara narasi, karena nanti akan ditambah menggunakan music.

7. Slowmotion

Efek slowmotion akan menambah keindahan rekaman videomu agar lebih dramatis, tapi tidak semua hal di slowmotion, dikit-dikit aja sebagai pelengkap atau bumbu tambahan (kayak micin, menambah sedap tapi jangn banyak-banyak). Untuk memperlambat / menangkap Gerakan yang cepat, berbeda dengan timelaps yang berguna untuk mempercepat dan melihat perubahan pergerakan contoh merekam gerak awan atau peruhahan siang ke malam.

8. Jangan Terlalu Lama di Objek yang Sama

Ini untuk jenis vido klip atau video-video cinematic, kamu harus sering berpindah dan tidak diperbolehkan merekam terlalu lama. Cukup video-video pendek selama 5 detik yang nantinya akan digabungkan menggunakan aplikasi edit video. Percantik dengan gerakan-gerakan tansisi dari video satu ke video berikutnya. Tambahkan music yang sesuai supaya hasilnya memukau.

Penutup 8 Teknik Merekam Video Menggunakan HP Agar Hasilnya Terlihat Profesional


Untuk penutupnya adalah teknik pamungkas dari Kontenwriter.com yaitu cobalah berulang-ulang dengan melihat contoh-contoh video keren di youtube. Kualitas videomu akan meningkat seiring dengan jam terbang yang tinggi. Selamat mencoba.