Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Laptop Lemot? Bikin Kencang Tanpa Perlu Upgrade RAM. Kasih SSD Aja! (Disertai Analogi Sederhana)

Laptop Lemot? Bikin Kencang Tanpa Perlu Upgrade RAM. Kasih SSD Aja! (Disertai Analogi Sederhana)

KontenWriter.com – Apakah laptop kamu lemot? Padahal hanya digunakan kerja ringan. Bikin kencang tanpa perlu upgrade RAM. Kasih SSD aja! Kita ulas dengan analogi sederhana agar mudah dipahami.

Halo guys, sekarang kita bahas perlaptopan ya, bisa juga diterapkan di PC. Sudah berapa tahun nih umur laptop kalian? Apakah kalian termasuk pengguna yang setia dengan laptop jadul penuh kenangan? Hehehe.

Berbeda dengan HP yang mungkin sering kamu ganti. Jika kamu bukan ahli IT, mungkin laptop akan bertahan bertahun-tahun. Seperti punya admin yang sudah berumur 6 tahun, laptop yang dari awal masuk kuliah 2009 sampe sekarang pun masih ada dan masih bisa digunakan.

Seiring bertambah umur laptop maka akan kamu rasakan bahwa laptopmu sepertinaya sudah lelah, atau bisa dikatakan kurang mumpuni. Seiring dengan kemajuan teknologi, aplikasi-aplikasi terbaru semakin besar kapasitasnya dan semakin berat untuk dibuka di laptop jadul.

Laptop lemot? Bikin kencang tanpa perlu upgrade RAM. Kasih SSD aja!


Untuk meningkatkan performa kebanyakan orang akan berpikiran menambah kapasitas RAM. Pertanyaannya jika pekerjaannya ringan (Cuma Ms. Office, browsing, sesekali design ringan) apakah perlu upgrade RAM? Lalu bagaimana dengan netbook yang RAMnya paten gak bisa diganti?

Nah untuk menjawab pertanyaan tersebut akan kami berikan analogi sederhana. Kita kan jelaskan cara kerja beberapa perangkat yaitu prosesor, RAM, SSD, dan HDD. Tentu dengan Bahasa yang sangat mudah dipahami. 

Laptop Lemot? Bikin Kencang Tanpa Perlu Upgrade RAM. Kasih SSD Aja! (Disertai Analogi Sederhana)

Analogi Sederhana

Kita bayangkan di sebuah rumah makan ada Koki (Prosesor), yang memiliki meja untuk memasak (RAM), dan bekerjasama dengan Toko bahan makanan pokok (SSD atau HDD).

RAM disini dianalogikan dengan besarnya meja untuk memasak sang koki, tentu jika memasaknya sedikit (melakukan pekerjaan ringan) tidak menjadi masalah mejanya kecil. Lalu ketika Bos memerintahkan koki untuk memasak, koki akan meminta toko untuk mengirimkan bahan makanan pokok.

Toko itu adalah SSD atau HDD, sama-sama storage dengan kapasitas tertentu bisa dipilih sesuai kebutuhan, yang berbeda di kecepatan pengirimannya. Jika SSD mengirim bahan makanan pokok menggunakan mobil atau sepeda motor, HDD mengirim bahan makanan pokok dengan jalan kaki atau naik sepeda ontel. Wah kira-kira koki seneng pesan di toko mana? Hehehe

Pesen di toko SSD lah. Bahan makanan terkirim lebih cepat, sehingga segera diproses, makanan pun lebih cepat tersaji dan Bos pun senang. Bos disini adalah kamu yang sedang membuka aplikasi di laptop. Seneng kan kalau loadingnya cepet? Hehehe 

Laptop Lemot? Bikin Kencang Tanpa Perlu Upgrade RAM. Kasih SSD Aja! (Disertai Analogi Sederhana)

Jawaban dan Tips

Kamu merasa laptop kamu sudah tidak mumpuni padahal hanya untuk melakukan hal ringan seperti Ms. Office (Word, excel, powerpoint) dan sekedar browsing. Tidak punya uang untuk membeli laptop baru? RAM tidak bisa diupgrade? Tentu SSD mejadi solusinya.

Tips untuk yang ingin berhemat, pilih saja SSD dengan kapasitas kecil 120 atau 240 GB. Kemudian HHD yang mulanya di dalam laptop dibelikan case/casing/kesing sehingga menjadi Hard Disc External. Dapat digunakan layaknya flashdisc, dan kapasitasnya sangat besar.

Untuk membeli SSD 120GB kamu perlu menyiapkan dana sekitar 250rb, casing HDD sekitar 50rb, dan biaya pemasangan plus instal 50-100rb. Jadi total 400 ribu rupiah. Kamu mendapatkan laptop lebih kencang dan flashdisc (Hard Disc External) ukuran besar.

Penutup solusi murah laptop lemot dengan SSD


Nah sudah Kontenwriter.com jelaskan dengan analogi sederhana solusi untuk laptop lemotmu menjadi lebih kencang. Mudah dipahami kan? Hehehe. Tentu solusi ini tidak untuk semua orang. Tentu juga membeli laptop baru dengan teknologi dan prosesor terbaru akan lebih menyenangkan jika ada dananya (kalo beli laptop baru pilih yang storagenya pakai SSD ya, hehehe).

Kenapa Kontenwriter.com sarankan memakai SSD? Bagi kamu yang sebelumnya menggunakan HDD, akan merasakan kenikmatan yang berbeda setelah beralih ke SSD, hehehe. Lebih Kencang! Semoga artikel ini bermanfaat.