Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Tips Diet – Menurunkan Berat Badan Pada Bulan Puasa/Ramadhan (Akan Lebih Optimal)

7 Tips Diet – Menurunkan Berat Badan Pada Bulan Puasa/Ramadhan (Akan Lebih Optimal)

KontenWriter.com – Yuk merapat ada yang menarik nih 7 tips diet – menurunkan berat badan pada bulan puasa/Ramadhan (akan lebih optimal)

Pertama dan yang paling utama, mari kita niatkan berpuasa semata-mata untuk beribadah kepada tuhan Allah SWT. Jadi jangan salah niat ya, jangan puasa hanya karena untuk diet. Dan tips-tips yang akan kita berikan juga kalau diniatkan menjaga kesehatan untuk beribadah, itu akan lebih baik dan berkah InsyAllah.

Kalaupun tidak diet sebenarnya kalau kita menjalankan ibadah puasa dengan baik itu akan secara otomatis menyehatkan dan menurunkan berat badan bagi yang kelebihan (berat badan). Namun untuk menjadikan lebih optimal bisa memakai tips dari kami, mumpung banyak temannya puasa (bulan Ramadhan)

7 Tips Diet – Menurunkan Berat Badan Pada Bulan Puasa/Ramadhan (Akan Lebih Optimal)


7 Tips Diet – Menurunkan Berat Badan Pada Bulan Puasa/Ramadhan (Akan Lebih Optimal)

1. Kurangi Konsumsi Kalori

Kunci menurunkan berat badan adalah mengurangi asupan kalori. Kadang saat bulan puasa orang-orang mengkonsumsi kalori lebih banyak. Biasanya dari sup buah, es degan, kolak, porsi nasi jadi lebih banyak saat sahur dan berbuka ditambah setelah tarawih, malah tambah naik tu berat badanmu, hehehe.

Padahal kalau kamu makan dengan hal yang biasa kamu makan saat tidak berpuasa itu sudah menurunkan berat badanmu. Makan nasi saat sahur dan berbuka saja, atau waktu berbuka minum es degan tanpa gula/sirup dan kurma 3 biji saja, terus nasi selesai tarawih. Wis, pasti turun banyak tuh berat badan saat lebaran tiba. Kuncinya kurangi 300-500 kalori per hari.

2. Asupan Nutrisi Terpenuhi

Mengurangi kalori bukan berarti tidak memperhatikan asupan nutrisi. Karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral harus cukup (cukup saja lho ya jangan berlebih). Makanlah dengan komposisi gizi seimbang, perbanyak serat dari buah - sayuran dan protein dari ikan, ayam, sapi atau tahu tempe.

3. Hindari/Kurangi Makanan Olahan

Makanan-makanan cepat saji kalau bisa dihindari atau paling tidak dikurangi yah. Karena selain rendah nutrisi juga memiliki kadar garam, gula, dan lemak yang tinggi. Kalau susah intinya dikurangi jangan sering-sering. Pilih makanan sehat saat sahur dan berbuka puasa.

4. Hindari/kurangi Konsumsi Camilan saat Berbuka

Saat bedug berdentum dan Adzan Maghrib berkumandang, siapa nih yang langsung srobot sirup/the manis dilanjut gorengan 5 biji plus kolak, dan langsung makan besar nasi 2 piring? Widih pembalasan nih namanya, hehehe. Jangan berlebihan, minum/makan kolak segelas plus gorengan sebiji (bagus lagi diganti buah/kurma) langsung sholat dulu aja, terus makan besarnya porsi standard.

5. Berolahraga

Jangan beralasan berpuasa jadi tidak olah raga bisa kamu lakukan setelah sholat subuh dan sore hari saat menjelang buka puasa. Yang ringan saja, seperti jalan keliling kompleks atau bersepeda di jalan yang datar, jangan menaklukkan tanjakan yang buat haus.

6. Istirahat yang Cukup

Nah, yang suka begadang jangan dulu deh kalau mau diet berhasil. Istirahat yang cukup 7-8 jam. Tidur jam 9 malam bangun jam 3 pagi, dan bisa ditambah tidur siang 1-2 jam. Pokoknya tidur yang cukup jangan kurang dari 4 jam.

7. Perbanyak Air Putih

Banyak yang menganjurkan minum delapan gelas per hari atau untuk orang dewasa sekitar 2 liter. Penting banget asupan air untuk yang lagi menurunkan berat badan. Bisa dibagi waktunya saat sahur, sebelum imsak, saat berbuka, setelah sholat maghrib, sebelum dan sesudah isya’ – tarawih, dan sebelum tidur.

Penutup 7 Tips Diet – Menurunkan Berat Badan Pada Bulan Puasa/Ramadhan


Kalau kamu mengkonsumsi makanan dengan porsi standarmu seperti saat tidak puasa itu juga sudah cukup untuk bisa mengurangi berat badan (karena hilang 1x makan siang). Namun saat kamu melakukan tips yang kontenwriter.com berikan tadi, buktikan saja saat akhir bulan Ramadhan pasti berkurang lumayan. Sampai jumpa di tips berikutnya.