Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Honda CRF1100L Africa Twin, Moge Adventure yang Siap Menaklukkan Segala Tantangan

CRF1100L Africa Twin (Photo by: www.astra-honda.com)

KontenWriter.com – Kamu pasti kagum dengan Honda CRF1100L Africa Twin, moge adventure yang siap menaklukkan segala tantangan.

Halo guys, Moge dari Honda lagi nih. Setelah kemarin kita membahas moge Honda dengan harga yang terjangkau termasuk CB500X yang merupakan versi adventurenya. Kini kita akan mengesampingkan harga, untuk membahas motor adventure terbaik dari Honda yang siap untuk menaklukkan segala medan.

Impresi pertama melihat motor ini kita disuguhkan motor dengan desain slim dengan tampang yang keren dan tinggi. Akan terlihat keren jika kamu memilikinya. Sekali melihat, kami terbayang dengan motor setinggi ini jalanan rusak (bahkan hancur) bisa kita lewati nih. Posisi kenalpotnya membuat kita tenang untuk menerabas banjir (kalo banjirnya 2m baru tidak mungkin, tenggelam kita).

Honda CRF1100L Africa Twin, Moge Adventure yang Siap Menaklukkan Segala Tantangan


Kita akan membahas spesifikasi singkat dan harganya. Sebelum mulai seperti biasa tidak akan kita bahas mendetail, kami batasi yang akan kita bahas adalah desain, dimensi (fokus ke ground clearance), power mesin, dan frame.

CRF1100L Africa Twin - Full  Aksesoris (Photo by: www.astra-honda.com)

1. Desain dan Dimensi

Untuk desain motor ini kami katakan cakep, gagah, kokoh, dan tinggi (kayak cowok ganteng deh). Untuk keseluruhan panjang x lebar x tingginya adalah 2.330x960x1.560 mm (Bandingkan dengan CRF 150L yang 2.119x793x1.153 mm), tidak terlalu besar tapi tinggi ya. Untuk ketinggian tempat duduk terendah 810mm dan tertinggi 830mm.

Ground clearance (jarak terendah ke tanah) motor ini adalah 210mm cukup untuk menaklukkan medan-medan atau jalan berlubang, siap diajak untuk berpetualang ke pegunungan dan hutan. Apalagi dengan kapasitas tangki bensinnya yang 24,8 Liter akan membawamu berpetualang jauh (jangan lupa pulang).

2. Mesin dan Harga

Dibekali dengan mesin 1.084cc Parallel Twin, motor ini memiliki tenaga maksimum 75kW (102PS) / 7.500rpm dan torsi 105Nm / 6.000rpm. Wah manteb banget kan klo diajak offroad, power dan torsinya mumpuni. Untuk transmisinya 6 speed dengan pola 1-N-1-2-3-4-5-6 (untuk manual) dan N-1-2-3-4-5-6 (untuk yang otomatis).

Wait, otomatis? Yups sekalian harganya untuk yang manual dibandrol dengan harga Rp658.305.000,- sedangkan yang tipe DCT (Dual Clutch Transmission) dibandrol dengan harga Rp697.040.000,-. Terjangkau kan? Semoga yang baca artikel ini Rejekinya lancar dan dapat membelinya 2 buah (yang satu buat admin, hehehe)

CRF1100L Africa-Twin (Photo by: www.astra-honda.com)

3. Frame

Pertama kita lihat suspensinya, dibagian depan terlihat Upside Down (USD) yang cukup besar yaitu 45mm dari Showa (185 mm stroke) dan belakang monoblock adjustment (79,5 mm stroke). Intinya jangan ditanya lagi bagaimana enaknya dan ketangguhan mengendarai motor ini. Untuk ukuran bannya seperti motor adventure lainnya berbeda antara depan dan belakang. Dimana ban depan lebih besar dengan ukuran 90/90-21 dan yang belakang 150/70-17.

Penutup Honda CRF1100L Africa Twin


Bagaiman kesimpulan dari motor ini apakah layak untuk dimiliki? Jawabnya tergantung ada uangnya atau tidak, hehehe. Dengan harga yang tidak murah CRF1100L ini menghadirkan fitur canggih, memberikan kenyamanan saat berkendara dan performa yang mumpuni di segala medan (terutama off-road). Menjadikan Bandrol Harga tersebut sesuai dengan apa yang akan kamu dapatkan.

Oh ya ada yang kelewatan, speedometer (panel meter) full digital, layar sentuh TFT 6,5 inch (kayak HP yah). Dan juga, tentu motor ini sudah dibekali dengan Honda Selectable Torque Control (HSTC) yang intinya membuat ban tidak selip / kepeleset (7 pilihan mode). Lampu-lampu LED, apa lagi ya? Bantu di kolom komentar ya, hehehe. Sekian, sampai jumpa di artikel berikutnya.