Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Honda Vario 150 Gredek? Minta Tolong Sama Nmax (Ganti Part “ini” dengan Punya Nmax)

Honda Vario 150 Gredek? Minta Tolong Sama Nmax (Ganti Part “ini” dengan Punya Nmax)

KontenWriter.com – Masalah klasik, Honda Vario 150 Gredek? minta tolong sama Nmax (ganti part “ini” dengan punya Nmax)

Apakah kamu punya masalah dengan Vario 150 kaya punya admin? Tos dulu. Kali ini kami akan beri tips seputar masalah vario yaitu mesin Gredek/bergetar. Masalah klasik bawaan lahir Honda vario, tentu keluarganya juga yaitu ADV dan PCX 150 (bukan yg terbaru lho ya, yg 150 bukan yang 160).

Begitu banyak pengguna yang mengeluhkan masalah ini, dan saran dari pabrikan/bengkel resmi sangat formalitas yaitu saat servis berkala untuk dibersihkan mangkok CVT dan kampas gandanya. Apakah berpengaruh? Ternyata memang ampuh, tapi masalahnya akan muncul lagi saat beberapa waktu setelah servis.

Padahal konsumen inginnya, ya masalah selesai untuk waktu yang lama, tidak harus rutin servis mangkok CVT dan kampas ganda. Karena kebanyakan konsumen matic tidak rajin service motor secara rutin, namun hanya ganti oli secara berkala, cukup.

Honda Vario 150 Gredek? Minta Tolong Sama Nmax (Ganti Part “ini” dengan Punya Nmax)


Gejala gredek / getaran ini terjadi karena gesekan antara kampas ganda dan mangkok CVT yang kurang. Disebabkan debu yang banyak di mangkok CVT sehingga menghalangi atau mengurangi efisiensi gesekan. Gesekan yang tersendat ini pun menghasilkan getaran, gredek-gredek di awal saat bukaan gas pertama. Setelah melaju masalah ini pun menghilang, dan muncul lagi saat angkatan pertama tarikan gas. Cukup mengganggu bukan? Bagaimana solusinya?

Vario 150 (Photo by: gridmotor.motorplus-online.com)

1. Lubangi Mangkok CVT dan minta Bantuan Nmax

Yups karena masalahnya adalah debu yang masih berada di mangkok CVT, perlu dibuang dengan melubangi mangkok. Tentu harus dikerjakan oleh ahlinya yaitu bengkel yang berpengalaman. Jangan asal kamu lubangi dengan paku dan palu, bisa ambyar dan makin parah, hehehe. Kemudian masalah kampas ganda diganti dengan kepunyaan Nmax, bagian yang bergesekan diamplas halus terlebih dahulu. Kemudian rasakan bedanya! Gredek hilang, hati senang.

2. Membeli Part Aftermarket

Produk aftermarket Mangkok CVT bolong-bolong untuk vario 150 dan keluarganya (PCX 150 dan ADV 150) sudah banyak dijual dipasaran dengan harga yang bervariasi, dan biasanya plug n play (tinggal pasang tanpa merubah apapun). Tinggal baca testimony, dan review konsumen lain dan beli yang paling baik. Ada juga yang menjual part original vario 150 (kampas ganda dan mangkok CVT) yang sudah dimodifikasi, biasanya dengan sistem trade in. Menukarkan part original variomu + sejumlah uang ditukarkan dengan part original yang sudah dimodifikasi tadi. Terjangkau dan menyelesaikan masalah.

3. Masalah Lain Vario / umumnya Honda (sering bawa beban membuat sambungan body mudah patah)

Body motor Honda yang sudah dimakan usia rentan patah. Sulusi mujarabnya cukup mudah yaitu dengan menggunakan karet ban bekas. Solusi ini juga mencegah getaran yang disebabkan oleh body motor. Caranya cukup mudah potong ban bekas mengotak 2cm (kalau niat juga boleh dibuat bulat) kemudian lubangi tengahnya untuk jalan baut. Dipasang di balik body, disela-sela antara klem baut. Membuat lebih kencang dan minim getaran.

Penutup Tips Honda Vario 150 Gredek


Bagi kamu pemilik Honda Vario 150 atau matic Honda 150 lainnya bisa mempraktekkan tips diatas agar Variomu tidak gredek lagi. Untuk lebih mudahnya bawa ke bengkel-bengkel yang berpengalaman mengatasi masalah gredek di Matic Honda. Cara diatas biasanya tidak akan dijumpai di bengkel resmi, bengkel jalanan yang bonafit saja, kemudian request seperti pembahasan kita diatas. Semoga menjadi solusi dan sampai jumpa di artikel berikutnya.