Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Motor Listrik Recomanded Gesits dan Viar Q1. Kenalan dengan Kelebihan dan Kekurangannya! Asli Indonesia, Berapa Harganya?

Gesits (Photo by: www.oto.com)

KontenWriter.com – Tahu motor listrik recomanded Gesits dan Viar Q1. Kenalan dengan kelebihan dan kekurangannya! Asli Indonesia, berapa harganya?

Di era modern ini, kemajuan teknologi berkembang yang sangat cepat di semua aspek. Tidak terkecuali pada bidang otomotif, salah satunya sepeda motor. Para pabrikan sepeda motor berlomba-lomba meracik produknya dengan berbagai macam teknologi, untuk menyongsong masa depan yang lebih canggih.

Ada yang mengkombinasikan antara mesin bertenaga bahan bakar dikuatkan dengan energy listrik, ada yang bisa dihubungkan dengan smartphone, sampai ada yang memiliki otak layaknya robot dan bisa berjalan sendiri (walaupun masih konsep belum dijual bebas, namun sudah berhasil dikembangkan). Keren kan, mungkin besok kalau kita memarkirkan kendaraan di mall, saat kita sudah selesai berbelanja tinggal pencet tombol atau perintah suara, motor kita berjalan sendiri menjemput kita di depan mall.

Kita tidak akan membahas itu semua, kali ini kita bahas yang sudah ada saja yaitu motor listrik. Dan yang menarik perhatian kami adalah motor listrik dari Indonesia, yaitu Gesits dan Viar Q1. Yang satu memiliki desain agresif dan yang lainnya imut namun elegan.

Motor Listrik Recomanded Gesits dan Viar Q1. Kenalan dengan Kelebihan dan Kekurangannya! Asli Indonesia, Berapa Harganya?


Viar Q1 (Photo by otomotif.kompas.com)

1. Desain

Untuk desain, sudah dijelaskan di atas dimana Gesits memiliki garis desain yang agresif, anak muda banget (laki-laki). Sedangkan Viar Q1 memiliki garis desain membulat yang imut, cocok untuk motor-motor perkotaan dan untuk digunakan santai. Keduanya memiliki desain yang bagus dengan karakteristik masing-masing. Untuk Gesits menggunakan ban dengan ukuran 80/80 R14 (depan) dan 100/80 R14 (belakang). Sedangkan Viar Q1 90/90 R10 di depan dan belakang, menambah kesan imut.

2. Mesin dan Jarak Tempuh

Untuk performa mesin Gesits lebih unggul dengan kecepatan maksimal 70km/jam sedangkan Viar Q1 dikalim mampu mencapai kecepatan 60km/jam. Untuk jarak tempuh, Gesits dengan batrrery terisi penuh bisa menempuh 50 km, sedangkan Viar Q1 karena bisa menggunakan 2 buah battery jarak tempuhnya diklaim dapat menempuh sejauh 120km.

3. Harga

Nah, untuk menebus kedua motor listrik ini bisa dibilang cukup terjangkau. Untuk Gesits dibandrol dengan harga mulai 24 jutaan, sedangkan Viar Q1 dengan harga mulai 18 jutaan. Terjangkau kan? Dan tentunya kita turut mendukung produk-produk Indonesia.

4. Kelebihan dan kekurangan

Kelebihan ketika memakai motor listrik adalah lebih ramah lingkungan, karena tidak memakai bahan bakar yang menghasilkan gas buang. Lebih aman dengan membatasi kecepatannya. Tidak perlu ganti oli hanya perlu memperhatikan rem dan ban.

Kekurangan dari motor listrik adalah jarak tempuhnya yang masih terbatas (tidak terlalu jauh), dan waktu pengisian yang terbilang lama/ berjam-jam. Semoga kedepannya banyak tempat-tempat pengisian daya motor listrik yang cepat, sehingga banyak orang yang tertarik dengan motor ramah lingkungan ini. Dan satu lagi untuk pecinta motor, tidak ada lagi merdunya suara kenalpot.

Sebenarnya masih ada motor listrik lain yang tertarik untuk kami bahas yaitu United T-1800 dan NIU, yang mewakili agresif dan imut juga. Namun sepertinya untuk kali ini cukup dulu pembahasan motor listrik (scooter)nya. Kita akan melanjutkan jika kedepannya ada perkembangan yang istimewa dan menarik untuk dibahas.

Penutup Motor Listrik Recomanded Gesits dan Viar Q1


Motor Listrik memang menarik untuk dimiliki, dan kita harapkan kekurangan khususnya dalam hal kecepatan dan ketersediaan tempat-tempat pengisian baterai yang cepat dapat segera teratasi. Sehingga motor yang ramah lingkungan ini akan ramai di jalanan dan menjadi solusi dari salah satu masalah dibumi. Sekian, sampai jumpa di artikel berikutnya.