Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Teknologi Sepeda Motor yang Akan Ramai dan Menjadi Standar Baru di 2021-2022

Honda ADV (Photo by: www.astra-honda.com)

KontenWriter.com – Yuk Kenalan dengan 6 teknologi sepeda motor yang akan ramai dan menjadi standar baru di 2021-2022, agar gak gaptek.

Perkembangan Sepeda Motor di Tanah Air sangat pesat dengan teknologi yang canggih. Seakan menjadi standard baru untuk produk-produk sepeda motor masa kini. Bagi kamu yang hobi di dunia otomotif, harus tahu nih teknologi-teknologi canggih yang sekarang ramai di sepeda motor, agar tidak gaptek dan dibully teman-teman.

Wah banyak sekali lho teknologi yang dulunya hanya kita temui di motor gedhe (mesin/cc besar), sekarang sudah disematkan kemotor bermesin kecil (dibawah 250cc). Tentu tidak hanya gimik belaka, namun untuk menambah fungsi baik keselamatan maupun kenyamanan berkendara. Tentu mempermudah hidupmu, hehehe.

6 Teknologi Sepeda Motor yang Akan Ramai dan Menjadi Standar Baru di 2021-2022


Teknologi Kekinian - Honda CBR150R (Photo by: www.astra-honda.com)

1. Sistem Pengereman ABS

Anti-lock Breaking System ini sangat berfungsi saat kamu mengerem mendadak saat kecepatan tinggi, apa lagi saat hujan yang menyebabkan jalan licin. Motor non ABS dalam kondisi tersebut akan sangat rawan tergelincir, karena rem mencengkram sangat kencang. Banyak motor 150cc yang sudah menggunakan sistem ini seperti CBR150R, PCX, NMAX, dll.

Dengan adanya sensor kecepatan di rem ABS, dan diterjemahkan oleh sistem elektronik didalam motor, membuat pengereman tidak sekaligus tapi bisa puluhan kali dalam satu detik (sekali menekan tuas rem, cepat sekali kan). Pengereman tersebut akan membuat motor stabil walaupun mengerem mendadak di jalan yang licin.

2. Keyless

Sistem kunci ini masih yang paling aman digunakan, terbukti banyak penturi yang gagal untuk membukanya. Tidak perlu menggunakan kunci yang dicolokkan ke motor lagi, cukup putar tuas kunci di motor (kayak tuas kompor, hehehe). Sistem keyless sudah sampai di motor ber cc kecil, yang terbaru adalah Honda scoopy.

3. Lampu Hazard

Lampu hazard adalah isyarat tanda berbahaya, atau bisa juga digunakan untuk memberi tanda untuk berhati-hati dan menunjuukkan keberadaan motormu (contoh saat motormu mogok di cuaca berkabut tebal). Maksudnya gimana nih? Sistem lampu sein kiri-kanan berkedip bersamaan. Motor-motor 150cc terbaru biasanya sudah dilengkapi fitur ini. Contoh di motor Honda CBR150R ABS, ketika mengerem mendadak kedua sein otomatis berkedip. Honda ADV, Yamaha R15 juga mempunyainya (banyak yang lainnya).

4. Power Outlet

Bagi generasi milenial yang tidak lepas dari HPnya, tentu fitur ini sangat dibutuhkan. Motor juga berfungsi sebagai powerbank, lowbat tinggal colok ke motor. Eksis terus dengan motor yang memiliki power outlet, biasanya motor matic 150cc.

5. Shock Breaker Depan UpSide Down (USD)

Kalau ini biasanya hadir di motor sport, contoh di CBR150R, R15, CRF150L, D-Tracker150, MT-15, dll. Selain menambah tampilan motor jadi lebih ganteng dan gagah ternyata juga menambah kenyamanan dan kelincahan berkendara. Lebih mantab untuk nikung (maksudnya cornering, bukan nikung pacar temen ya).

6. Speedometer Full Digital dengan Informasi Lengkap

Untuk Spedo Full Digital di matic 110cc pun sudah ada namun memang tidak terlalu lengkap informasinya. Untuk motor 150cc banyak yang menawarkan dashboard/speedometer dengan informasi sangat bermanfaat, tidak hanya perpindahan gigi, kecepatan, jarak yang sudah ditempuh dan kapasitas bensin tersisa. Namun juga kondisi oli, jam, kalender, jarak tempuh per liter (dan banyak lagi), bahkan juga ada yang bisa connect dengan Smartphone seperti NMAX dan Aerox 155. Canggih ya.

Penutup 6 Teknologi Sepeda Motor yang Akan Ramai dan Menjadi Standar Baru di 2021-2022


Sebenarnya masih ada beberapa fitur yang ingin kami bahas seperti traction control yang membuat power motor terkontrol, sehingga tidak selip di jalan licin atau berpasir saat bukaan gas. Kita bahas saja besok seiring berkembangnya teknologi-teknologi baru di sepeda motor, khususnya yang bermesin/cc kecil, kalau moge tentu teknologi yang ditawarkan sesuai dengan harganya. Sampai jumpa di artikel berikutnya.